Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Tambahan Tol Becakayu Resmi Beroperasi, Ini Lokasinya

Kompas.com - 30/09/2022, 19:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Toll Road atau WTR melalui PT Kresna Kusuma Dyandra Marga atau KKDM resmi mengoperasikan tiga jalur tambahan di Jalan Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), mulai Jumat (30/9/2022) puku 14.30 WIB.

Ketiga jalur yang akan dioperasikan adalah On Ramp Prumpung, On Ramp Casablanca, dan Seksi 1A Koneksi Jalan Tol Wiyoto Wiyono sisi Timur.

Pengoperasian ketiga jalur tersebut menyusul terbitnya Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1234/KPTS/M/2022, 29 September 2022.

Menurut Direktur Utama WTR Rudi Purnomo, akan terdapat sejumlah dampak positif dari
beroperasinya ketiga jalur tol tersebut.

“Jalur On Ramp Prumpung akan bermanfaat untuk menghindari kepadatan lalu lintas di jalan D.I. Panjaitan menuju Kota Bekasi," imbuh Rudi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/9/2022).

Selanjutnya, Jalur On Ramp Casablanca akan mempersingkat waktu perjalanan dari area Jakarta Timur menuju Bekasi.

Baca juga: Siap-siap, Sejumlah Ruas Tol Becakayu Segera Beroperasi

Sedangkan jalur koneksi Becakayu-Wiyoto Wiyono akan mempersingkat waktu perjalanan dari arah Tanjung Priok menuju Kota Bekasi.

Sementara Direktur Utama KKDM Aris Mujiono berpendapat, Tol Becakayu telah memberikan manfaat yang sudah dirasakan langsung oleh para pengguna jalan.

Ini utamanya dalam mempercepat waktu perjalanan dan melancarkan jalur distribusi dari Jakarta Timur menuju Bekasi Barat.

“Selain itu, kehadiran lintas tol tersebut akan meningkatkan angka volume lalu lintas (lalin) Tol Becakayu secara keseluruhan,” tambah Ari.

Sebagai informasi, Tol Becakayu memiliki total panjang hingga 16,78 kilometer, di mana Seksi 1B-C dan Seksi 1A Koneksi Wiyoto Wiyono sisi Barat (Cipinang-Jakasampurna) sepanjang 11,90 kilometer.

Sementara Seksi 1A Koneksi Wiyoto Wiyono sisi Timur (Casablanca=Jakasampurna) sepanjang 2 kilometer sedang dalam proses beroperasi, serta Seksi 2A dan 2A Ujung (Casablanca-Marga Jaya) sepanjang 4,88 kilometer sedang dalam tahap pengajuan Uji Laik Fungsi dan Uji Laik Operasi (ULF-ULO).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com