Kompas.com - 24/11/2021, 14:30 WIB
Daftar infrastruktur jalan tol yang siap ditawarkan pemerintah di Dubai Expo 2020 BPJT PUPRDaftar infrastruktur jalan tol yang siap ditawarkan pemerintah di Dubai Expo 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Rencana pemerintah untuk membangun Jalan Tol CikunirKarawaci ternyata menuai kritikan keras dari sejumlah kalangan.

Seperti diketahui, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) tengah membuka peluang penawaran kerja sama investasi pada sejumlah proyek infrastruktur ,di Investment Forum Expo 2020 Dubai, Uni Emirat Arab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat lima proyek jalan tol yang ditawarkan untuk menarik para investor luar negeri yang ingin berinvestasi di Indonesia.

Baca juga: Akhir 2022, Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF Diterapkan di 40 Ruas Tol

Masing-masing proyek ini adalah Jalan Tol Semanan-Balaraja, Jalan Tol Kamal-Teluknaga-Rajeg, Jalan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat, Jalan Tol Bogor-Serpong via Parung, serta Jalan Tol Layang Cikunir-Karawaci. 

Namun ternyata keiginan untuk membangun Jalan Tol Layang Cikunir–Karawaci mendapat reaksi keras dari pengguna Twitter. 

Salah satu pengguna Twitter, Edwin Prasetyo mempertanyakan urgensinya Pemerintah membangun tol ini. Padahal sudah ada tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. 

Sementara itu, akun @isanmahendra7 mengatakan, daripada membangun Tol Cikunir-Karawaci lebih baik memperbaiki Tol Jakarta-Cikampek. 

Bahkan Adriansyah Yasin Sulaeman mempertanyakan pola pikir orang yang membuat rancangan Tol Cikunir-Karawaci tersebut. 

Prioritaskan yang Lebih Penting

Menanggapi hal itu, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagyo mengatakan sebaiknya saat ini pemerintah lebih fokus membangun infastruktur tol yang lebih penting (urgent). 

"Sekarang ini masa pemerintahan Pak Jokowi tinggal dua tahun lebih. Jadi, sebaiknya untuk infastruktur tol ini pemerintah lebih memprioritaskan yang paling urgent," ujar Agus kepada Kompas.com, Rabu (24/11/2021). 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.