Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oktober 2022, Konstruksi Tol Kediri-Kertosono Bakal Dimulai

Kompas.com - 24/11/2021, 13:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Arie Irianto optimistis konstruksi Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2 dapat dimulai Oktober 2022.

Hal ini dapat terjadi apabila proses pembebasan lahan mulai dilakukan pada akhir tahun ini atau tepatnya Desember 2021.

"Jika semua berjalan sesuai dengan target, maka kami optimis secara parsial konstruksi untuk jalan tol ini dapat dimulai pada Oktober 2022,” jelas Arie dikutip dari siaran persnya, Selasa (24/11/2021).

Baca juga: Akhir 2022, Sistem Transaksi Non-Tunai MLFF Diterapkan di 40 Ruas Tol

Hingga saat ini, JNK masih menunggu penetapan lokasi (penlok) oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Pihaknya bersama Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan terus melakukan sosialisasi awal rencana pembangunan Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2.

Sosialisasi tersebut juga melibatkan sejumlah stakeholder terkait, seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab), DPRD Kabupaten, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Polres dan Kejaksaan Negeri.

Selain itu, JNK juga berharap penlok dapat segera terbit sehingga proses pembebasan lahan bisa mulai berjalan sesuai rencana awal.

Bila proses penetapan lokasi lahan telah diterima, JNK akan mengejar persetujuan Rencana Teknik Akhir (RTA) dan dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan.

Baca juga: Pembebasan Lahan Tol Kediri-Kertosono Ditargetkan Segera Dimulai

Adapun daerah yang rencananya akan dilewati oleh Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2 meliputi Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri serta 5 kecamatan dan 22 desa.

Namun sangat disayangkan, karena adanya pandemi Covid-19, proyek jalan tol ini masih dalam tahap penyesuaian.

Kendati demikian, JNK dan PPK Lahan akan terus berupaya untuk dapat segera memulai proses pembebasan lahan setelah penlok diterima.

Sesuai dengan addendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) tahun 2019, Tol Kediri-Kertosono Seksi 1 dan 2 memiliki panjang 20,30 kilometer dengan biaya investasi Rp 3,9 triliun.

Jalan bebas hambatan ini akan dilengkapi dengan satu junction Kedungsoko yang menghubungkan dengan Tol Ngawi-Kertosono, serta dua interchange di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

Selain itu, Tol Kediri-Kertosono direncanakan juga akan mempunyai dua Gerbang Tol (GT) baru yaitu GT Sugihwaras dan GT Kediri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com