Kompas.com - 04/10/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan fasilitas Face Recognition Boarding Gate atau pemindaian wajah di pintu keberangkatan stasiun.

Dilansir dari laman resmi KAI, Selasa (4/10/2022), fasilitas ini baru diujicobakan di Stasiun Bandung.

Face Recognition Boarding Gate adalah fasilitas layanan boarding yang dilengkapi dengan kamera untuk mengidentifikasi dan memvalidasi indentitas seseorang melalui wajah.

Untuk itu, identitas diri penumpang sudah harus terintegrasi dengan data tiket kereta yang dimiliki hingga status vaksinasi.

Dengan Face Recognition Boarding Gate, penumpang KA jarak jauh bisa lebih mudah untuk melakukan boarding tanpa harus menunjukkan berbagai dokumen seperti biasanya.

Baca juga: Ada Akses Sepeda Non-lipat di Stasiun Istora Mandiri, Cek di Sini

Untuk menikmati fasilitas tersebut, pelanggan harus melakukan satu kali registrasi yang berlaku untuk selamanya.

Registrasi dilakukan dengan menempelkan e-KTP ke e-KTP reader, kemudian tempelkan jari telunjuk kanan atau kiri ke pemindai yang ada.

Jika sudah melakukan registrasi, pelanggan tidak perlu lagi melakukan cetak boarding pass dan bisa langsung menuju Face Recognition Boarding Gate.

Arahkan wajah ke mesin pemindai dan jika data tiket, identitas, dan syarat vaksinasi sudah sesuai, maka gate akan otomatis terbuka.

Saat ini layanan registrasi telah tersedia di Hall Utara Stasiun Bandung. Registrasi dapat dilakukan di customer service, vending machine, ataupun check in counter yang telah dilengkapi e-KTP reader.

Baca juga: Jelang G20, KCIC Utamakan Penyelesaian Stasiun Halim-Padalarang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.