Kompas.com - 02/10/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelesaian Stasiun Halim hingga Stasiun Padalarang jadi fokus utama proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang KTT G20 tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat meninjau proyek pada Sabtu (1/10/2022).

Tinjauan tersebut juga dilakukan mengingat KCJB akan dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Presiden China Xi Jinping saat KTT G20 berlangsung.

Direncanakan, kedua Presiden akan meninjau proyek keret cepat dengan menaiki kereta inspeksi.

Baca juga: Ini Dia Penampakan Interior Kursi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kelas VIP

"Suatu kebanggaan bahwa Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang memiliki kereta cepat," ujar Menhub, dikutip dari laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Minggu (2/10/2022).

KCJB nantinya akan berhenti di empat stasiun, meliputi Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun sekaligus Depo Tegalluar.

Adapun fokus utama penyelesaian tiga stasiun tadi dikarenakan Stasiun Padalarang akan menjadi titik temu antara kereta cepat dengan kereta feeder KCJB menuju Stasiun Bandung.

"Kita targetkan perjalanan kereta cepat dari Jakarta ke Bandung akan menempuh waktu 52 menit. Dari Jakarta ke Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung (menggunakan kereta feeder) 22 menit," tambah Menhub.

Baca juga: BERITA FOTO: Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tiba di Indonesia

Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), proyek KCJB sudah mencapai 86 persen.

Ditargetkan, proyek ini akan dilakukan uji coba pada Maret 2022 dan beroperasi pada bulan Juni 2023.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.