Kompas.com - 03/10/2022, 15:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menyediakan akses sepeda non-lipat di Stasiun Istora Mandiri mulai Sabtu (1/10/2022).

Melansir laman resmi MRT Jakarta, Senin (3/10/2022), lewat penyediaan tersebut maka total saat ini ada 4 stasiun MRT Jakarta yang memiliki akses sepeda non-lipat.

Adapun 3 stasiun sebelumnya antara lain Lebak Bulus Grab, Stasiun Blok M BCA, dan Stasiun Bundaran HI.

Telah disediakan pula fasilitas parkir sementara di sejumlah titik, seperti sekitar mesin penjual tiket, toilet, dan musala.

Kendati demikian, pengguna sepeda non-lipat hanya boleh menggunakan MRT Jakarta di luar jam sibuk atau selain pukul 07.00-09.00 WIB dan 17.00-19.00 WIB.

Baca juga: Profil Proyek MRT Harmoni-Mangga Besar, Stasiun Empat Lantai di Bawah Tanah

Untuk prosedurnya, saat tiba di salah satu dari empat stasiun tersebut, pengguna sepeda non-lipat dapat masuk melalui tangga yang telah diberi akses khusus menuju area beranda peron.

Setelah melakukan pengecekan suhu, pemindaian PeduliLindungi, pemeriksaan barang, dan tap in tiket, penumpang bisa mengikuti rambu yang mengarahkan ke tangga menuju area peron.

Pengguna sepeda non-lipat harus menggunakan kereta nomor enam di setiap rangkaian dan menempatkan sepeda di tanda yang telah tersedia.

Setiap keberangkatan kereta hanya bisa menampung maksimal empat unit sepeda non-lipat.

Pengguna sepeda non-lipat dapat menggunakan fasilitas ini apabila hanya ingin menyeberang Jalan Sudirman tanpa harus masuk ke area beranda peron berbayar di stasiun tersebut.

Baca juga: Begini Cara MRT Jakarta Lestarikan Temuan Cagar Budaya di Lokasi Kerja

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta Muhammad Effendi mengatakan, langkah ini merupakan bentuk respons terhadap tingginya penggunaan sepeda non-lipat di kawasan tersebut.

"Baik pesepeda yang datang untuk berolahraga maupun bekerja di kawasan SCBD dan sekitarnya," jelasnya.

Lanjut Effendi, MRT Jakarta akan terus berinovasi untuk menarik minat masyarakat menggunakan transportasi umum massal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.