Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Rusun ASN BPKP di NTT Dihijaukan, Basuki: Bisa Ditanam Pohon Ketapang

Kompas.com - 03/10/2022, 12:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berpesan agar rumah susun (rusun) Aparatur Sipil Negara (ASN) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), dijaga dengan baik.

"Juga, ditambahkan penghijauannya bisa dengan ditanami pohon yang teduh seperti Ketapang Kencana," terang Basuki dalam rilis yang diterima Kompas.com, Senin (3/10/2022).

Hal itu disampaikan Basuki saat meninjau rusun yang sudah diresmikan dan dihuni sejak Juli 2022 oleh para ASN BPKP di NTT.

Tinjauan tersebut dalam rangka pemantauan pelaksanaan kebijakan Operasi Pemeliharaan Optimalisasi dan Rehabilitasi (OPOR) infrastruktur Kementerian PUPR.

Pembangunan Rusun ini merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR.

Adanya rusun tersebut diharapkan mampu memberikan hunian yang layak bagi ASN agar meningkatkan kinerja yang lebih baik.

Baca juga: Rusun Korem Tadulako Siap Tampung 176 Prajurit TNI dan Keluarganya

Kepala Balai Pelaksanaan Penyediaan Perumahan (BPPW) Nusa Tenggara II Yublina mengatakan, Rusun ASN BPKP Kupang dibangun pada tahun 2021 oleh kontraktor pelaksana PT Karuniaga Intisemesta dan manajemen konsultan (MK) PT Buana Rekayasa Adhigana.

"Total anggaran yang digunakan untuk pembangunan rusun bagi para ASN BPKP NTT ini adalah senilai Rp 20,6 miliar," terang Yublina.

Rusun ini dibangun satu tower dengan ketinggian tiga lantai. Tipe huniannya adalah 36 yang terdiri dari 44 unit.

Lantai 1 sebanyak 12 unit hunian, termasuk 1 ruang sebaguna, lantai 2 sebanyak 16 hunian, dan lantai 3 sebanyak 16 hunian.

Salah seorang penghuni Zulkifli Fachri menyatakan, dirinya bersama para ASN lainnya sangat senang dan bahagia bisa mendapat bantuan rusun dari Kementerian PUPR.

Menurutnya, bangunan tersebut sangat baik dan fasilitasnya memadai dan mengucapkan terimakasih kepada Kementerian PUPR yang telah membangun rusun ASN BPKP NTT.

"Dulu sebelum rusun ini selesai dibangun kami tinggal di kos kecil. Sekarang kami bisa tinggal di asrama yang lebih layak dan fasilitas pendukungnya sangat bagus, nyaman dan dekat dengan kantor," terang Zulkifli.

Sehingga, bisa lebih meningkatkan kualitas kinerja dirinya dalam mengawas keuangan dan pembangunan di NTT.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com