Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusun Korem Tadulako Siap Tampung 176 Prajurit TNI dan Keluarganya

Kompas.com - 29/09/2022, 20:41 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan rumah susun (rusun) Komando Resor Militer (Korem) 132/Tadulako di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Rusun senilai Rp 16,9 miliar tersebut dibangun satu tower setinggi tiga lantai dengan 44 unit hunian.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, rusun itu mampu menampung sekitar 176 prajurit TNI bersama anggota keluarganya.

“Kami akan terus mendorong pembangunan rusun di seluruh Indonesia. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfatan lahan yang ada untuk hunian," ucap Iwan dalam siaran persnya, Kamis (29/9/2022).

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi II Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian PUPR, Bakhtiar menerangkan, adanya pembangunan rusun ini diharapkan membantu para prajurit TNI dalam memenhu kebutuhan papan berupa rumah layak huni.

Baca juga: Mahasiswa IAIN Kendari Enggak Perlu Kos karena Ada Rusun Ini

Selain itu, juga dapat meningkatkan harkat dan martabat serta kesejahteraan para prajurit yang di bawah komando Kodam XIII/Merdeka untuk melayani dan melindungi masyarakat.

Berdasarkan data Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Rusun Korem 132/Tadulako ini dibangun oleh Satuan Kerja (Satker) Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi II.

Lokasinya berada di Jalan Abdurrahman Saleh Nomor 94, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu.

Kementerian PUPR juga melengkapi rusun tersebut dengan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang serbaguna, ruang ibadah, ruang panel, dan ruang pengelola.

Setiap unit hunian rusun telah dilengkapi dengan meubelair berupa 1 unit tempat tidur, 1 ranjang susun, lemari pakaian, meja kursi makan, dan meja kursi tamu.

Adapun prosesi peresmian Rusun TNI tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penggutingan pita.

Prosesi ini dilaksanakan oleh Kepala BP2P Sulawesi II Ditjen Perumahan kementerian PUPR Bakhtiar dan Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako, Brigjen TNI Toto Nurwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com