Perusahaan Asal Hongkong Akan Beli Sebagian Saham Tol Semarang-Batang

Kompas.com - 29/09/2022, 16:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan asal Hongkong, Road King Infrastructure Ltd (Road King), mengumumkan akan membeli 39,77 persen saham PT Jasamarga Semarang Batang (JSB), pada Selasa (27/09/2022).

PT JSB merupakan konsorsium perusahaan selaku pengelola Jalan Tol Semarang-Batang sepanjang 75 kilometer dengan masa konsesi 50 tahun hingga 2066 mendatang.

Saham PT JSB dimiliki oleh PT Jasamarga Transjawa Tollroad (JTT) sebesar 44,18 persen, PT Lintas Marga Jawa (LMJ) sebesar 16,05 persen.

Lalu PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) sebesar 20,00 persen, dan Reksa Dana Penyertaan Terbatas SAM Jalan Tol (RDPT SAMJT) sebesar 19,77 persen.

Melansir dari laporan CreditSights, Road King telah menyetujui pembelian saham PT JSB melalui 75 persen anak perusahaan yang dimilikinya secara tidak langsung, yakni Kings Bless.

Road King melakukan pembelian saham dari perusahaan terkait di Indonesia, yakni PT Waskita Toll Road (WTR). Total pertimbangannya adalah Rp 3,8 triliun.

Baca juga: Resmi! Jasa Marga Jual 40 Persen Saham Tol Layang MBZ

Karena PT WTR telah memasuki dua opsi perjanjian dengan SMI dan RDPT SAMJT untuk membeli saham masing-masing perusahaan di PT JSB.

Nantinya PT WTR akan menggunakan opsi dan mengakuisisi sisa saham PT SMI. Kemudian menjual 39,77 persen sahamnya di PT JSB kepada Road King.

Artinya, Road King akan memiliki 39,77 persen saham di PT JSB. Sementara, kepemilikan saham PT JTT dan PT LMJ tetap tidak berubah pasca akuisisi.

Road King menjelaskan bahwa akuisisi tersebut akan memungkinkan untuk memperluas portofolio yang ada dari tiga proyek jalan tol di Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.