Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasdem Tower, Tempat Deklarasi Pencapresan Anies Baswedan

Kompas.com - 03/10/2022, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasdem Tower. Ini adalah struktur beton yang difungsikan sebagai perkantoran Partai Nasional Demokrat (Nasdem) rintisan Surya Paloh.

Gedung ini menjadi buah bibir, menyusul agenda deklarasi calon presiden (capres) dari Partai Nasdem untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pada hari ini.

Partai Nasdem secara resmi mengusung nama Anies Baswedan yang sebelumnya dikenal dan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Membahas mengenai Nasdem Tower, gedung miliki Partai Nasdem tersebut dibangun oleh PT Wika Gedung (Persero) Tbk.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Wika Gedung, Nasdem Tower berdiri di atas lahan seluas 30.000 meter persegi dengan 23 lantai dan 1 basement.

Terdapat helipad atau landasan untuk helikopter di bagian teratas gedung.

Baca juga: 3 Tower Ini Tambah Pasokan Ruang Kantor di CBD Jakarta hingga Akhir 2022

Disebutkan, pembangunannya memakan waktu 365 hari, meliputi pekerjaan struktur, arsitektur dan plumbing, sebelum akhirnya diresmikan pada tahun 2022.

Untuk diketahui, Nasdem Tower dirancang oleh arsitek Ark Design.

Sebelum gedung baru dibangun, di area ini terdapat bangunan bernama Kantor Prioritas dan Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasdem.

Kemudian gedung Kantor Prioritas dirobohkan, sedangkan Kantor DPP Pusat rencananya akan disambung dengan gedung baru dan dilestarikan untuk menjaga kegiatan Partai Nasdem.

Dari segi arsitektur, menurut laman resmi Ark Design Architects, Nasdem Tower menerapkan gaya desain modern dengan penggunaan material kaca berwarna hitam silver yang terlihat dominan di bangunan tower.

Baca juga: 194 Tower Rumah Susun Dibangun Sepanjang Tahun 2021

Selain itu, gedung ini juga menggunakan frit keramik putih dan aluminium composite panel (ACP) di podium, serta menggunakan marmer statuario mewah di area lobi utama.

Pada malam hari, Nasdem Tower menerapkan desain pencahayaan khusus yang elegan dengan lampu proyeksi logo Nasdem di badan menara.

Sementara lantai helipad yang disorot dengan lampu biru dari bawah, membuat mahkota ikonik seolah melayang dari jarak tertentu.

Nasdem Tower memiliki 4 zona secara umum. Pertama, semi basement sebagai service zone dengan fungsi sebagai dapur utama, kantin karyawan, utilitas gedung, dan gudang peralatan.

Kemudian di podium dari lantai dasar hingga lantai 4 merupakan zona publik dengan fungsi sebagai main lobby, lobby lounge, café, press room, dan ballroom.

Zona selanjutnya dari lantai 5 hingga lantai 17 adalah zona semi publik dengan fungsi perpustakaan, galeri, auditorium, ruang kantor, ruang perang, sky lounge, gym, spa dan sauna.

Zona selanjutnya adalah zona privat dengan fungsi kantor eksekutif serta suite dan helipad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com