Kompas.com - 04/10/2022, 10:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta mencatatkan kenaikan jumlah penumpang.

Dilansir dari laman resmi MRT Jakarta, Selasa (4/10/2022), jumlah penumpang MRT Jakarta per September 2022 mencapai 2.014.829 orang.

Jumlah tersebut menunjukkan bahwa rata-rata per hari sekitar 67.161 orang menggunakan MRT Jakarta dengan 7.550 perjalanan kereta.

Ketepatan waktu tempuh, kedatangan, dan berhenti ratangga pun mencapai 99,96 persen.

Jumlah keterangkutan tersebut menunjukkan adanya kenaikan sekitar 150.032 orang dari bulan sebelumnya, yaitu 1.864.797 orang dengan rata-rata harian mencapai 60.155 orang.

Baca juga: Profil Proyek MRT Harmoni-Mangga Besar, Stasiun Empat Lantai di Bawah Tanah

Kenaikan angka keterangkutan ini menunjukkan kepercayaan tinggi masyarakat terhadap layanan MRT Jakarta.

Hal ini juga terwujud lewat strategi yang diterapkan, seperti bekerja sama dengan berbagai pihak mencakup sektor kuliner, aktivitas, hingga pusat perbelanjaan, kesehatan, pendidikan, hingga promo tiket di sejumlah tempat wisata.

Kerja kolaborasi dengan sejumlah operator transportasi publik pengumpan atau feeder juga mendorong peningkatan angka keterangkutan.

Angkutan feeder yang dimaksud meliputi PPD, Tebengan, hingga Swoop. Kehadiran angkutan pengumpan ini berdampak tidak saja terhadap kenaikan angka keterangkutan, tapi juga mendorong kebudayaan menggunakan platform berbagi kendaraan  atau ride sharing.

Di sisi lain, pada 2022 MRT Jakarta menargetkan angka keterangkutan rata-rata harian dapat menyentuh 40 ribu orang per hari.

Baca juga: Warga Jakarta Bisa Nikmati Dua Proyek TOD MRT, Ini Lokasinya

Sehingga diharapkan sejumlah kebijakan dapat dilaksanakan seperti percepatan regulasi yang mendukung penggunaan transportasi publik oleh pemerintah seperti electronic road pricing dan penyesuaian tarif parkir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.