Kompas.com - 03/10/2022, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengundang duka yang sangat mendalam.

Semua pihak patut memetik pelajaran atas insiden ini agar bisa melakukan perubahan positif dan tidak terulang kembali pada kemudian hari.

Terlepas dari penyebab terjadinya tragedi ini, sejatinya bangunan stadion harus mampu memberikan keselamatan dan keamanan bagi pengunjungnya.

Mulai dari awal perencanaan pembangunan hingga operasional stadion, harus memenuhi aspek keselamatan dan keamanan.

Selaku induk organisasi sepak bola tertinggi dunia, FIFA telah menyajikan tentang standar stadion sepak bola skala internasional.

Sebagaimana merujuk dokumen FIFA berjudul Footbal Stadiums Technical Recomendations and Requirements 2011.

Ada banyak sekali komponen stadion bila merujuk standar FIFA. Salah satu komponennya yakni keselamatan dan keamanan.

Keselamatan semua orang yang menggunakan stadion sepak bola harus diprioritaskan di atas semua pertimbangan lain dalam desain dan pengelolaan stadion.

Baca juga: Profil Stadion Kanjuruhan, Saksi Bisu Tragedi Arema vs Persebaya

Terlepas dari pendanaan ketika pembangunan hingga pengelolaan stadion, berikut sederet ketentuan dalam komponen keselamatan dan keamanan yang harus terpenuhi:

Stadion Nyaman

Keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengunjung menjadi persyaratan mendasar serta prioritas dalam sebuah bangunan stadion.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.