Kompas.com - 16/09/2022, 08:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian ATR/BPN telah menyelesaikan satu dari 13 objek program Lokasi Prioritas Reforma Agraria (LPRA).

Karena masyarakat Desa Ongkaw III, Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), telah menerima 726 sertifikat hasil program redistribusi tanah pada Kamis (16/09/2022).

Terbitnya sertifikat hasil redistribusi tanah ini juga menandakan berakhirnya konflik yang telah berlangsung selama 33 tahun antara masyarakat dengan PT Jastamin sejak tahun 1988.

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto menyampaikan, kini tanah masyarakat sudah terdaftar di Kantor Pertanahan dan sudah jelas letak, luas, serta nama pemiliknya di dalam sertifikat tersebut.

"Tanah yang didapat dari proses redistribusi ini sudah sah secara hukum menjadi milik masyarakat seutuhnya," ujarnya dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN.

Baca juga: Kata ATR/BPN, Sejumlah Upaya Ini Bisa Hadang Mafia Tanah

Oleh karena itu, di berpesan agar warga menjaga dengan baik tanah tersebut. Digunakan dan dimanfaatkan, jangan sampai terlantar atau dibiarkan kosong.

"Pasang patok, pagar atau pembatas yang jelas agar orang lain tahu kalau tanah tersebut ada pemiliknya, sehingga tidak akan menimbulkan konflik kembali," jelasnya.

Hadi pun mengimbau kepada para pihak terkait agar segera menyelesaikan tanah-tanah untuk segera diredistribusi kepada masyarakat. Agar memiliki tanah dan perekonomian bisa berjalan.

"Jangan sampai masyarakat menunggu kepastian hukum dan rasa keadilan, dengan adanya sertipikat, masyarakat dapat mendapatkan kepastian hukum dan merasakan keadilan yang merata," tandasnya.

Dukungan pemerintah atas pelaksanaan Reforma Agraria juga didapat dari organisasi masyarakat sipil yaitu Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA).

Baca juga: BPN Tak Akan Terbitkan Sertifikat LSD yang Dikuasai Pengembang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.