Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Stasiun MRT Thamrin dan Monas Capai 42,69 Persen

Kompas.com - 06/09/2022, 09:32 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek MRT Jakarta Fase 2A CP 201 yang mencakup Stasiun Thamrin dan Monas mencapai 42,69 persen penyelesaian per 25 Agustus 2022.

Melansir laman resmi MRT Jakarta, pekerjaan pembangunan tersebut dikatakan berjalan sesuai jadwal.

Untuk rinciannya, pembangunan Stasiun Monas masuk dalam tahap pekerjaan pengecoran level platform, pengecoran kolom stasiun, pengecoran struktur dinding gardu induk, dan penyelesaian pengeboran kolom di gardu induk.

Agung Wisnu Nugroho Progres pembangunan MRT Jakarta fase 2A CP 201 jalur Bundaran HI-Harmoni per 15 Mei 2022 mencapai 38,80 persen.

Juga tengah digarap penyelesaian pengeboran terowongan dari Monas ke Thamrin serta persiapan pengeboran northbound TBM-2 dari Stasiun Thamrin menuju Stasiun Monas.

Target proyek Stasiun Monas hingga akhir tahun 2022 adalah bisa menyelesaikan penggalian station box, roof slab, concourse slab, dan base slab stasiun serta memulai pengeboran koridor Monas-Thamrin.

Baca juga: Menilik Stasiun Thamrin, Titik Temu Baru Dua Jalur MRT Jakarta

Sementara untuk rincian pembangunan Stasiun Thamrin, kini tengah dilakukan pekerjaan dinding penahan tanah atau dinding stasiun (D-Wall), pekerjaan king post, jet grout di sisi selatan stasiun, dan persiapan traffic diversion di sisi selatan stasiun.

Juga dikerjakan persiapan TBM-1 breakthrough dan persiapan u-turn di shaft stasiun, pekerjaan king post dan D-Wall sisi utara stasiun, dan traffic decking sisi utara stasiun.

Hingga akhir 2022 ini ditargetkan proyek Stasiun Thamrin bisa menyelesaikan pekerjaan D-Wall dan king post station box, penggalian station box, pemasangan traffic decking sisi timur station box, dan pengeboran koridor Bundaran HI-Thamrin.

Untuk diketahui, Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer.

Terdapat tujuh stasiun bawah tanah dalam fase ini, meliputi Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Baca juga: Proyek MRT Jakarta Fase 4 Resmi Didukung Korea Selatan

Fase 2A dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada Maret 2025 dan segmen Harmoni-Kota pada Agustus 2027.

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp 22,5 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com