Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar Rakernas, Himperra Siap Dukung Program Sejuta Rumah

Kompas.com - 05/09/2022, 21:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2022 di The Westin Resort, Nusa Dua Bali International Convention Center, Kamis-Sabtu, 8-10 September 2022.

Rakernas Himperra 2022 akan dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan diikuti 300 peserta yang merupakan pengurus dan anggota Himperra dari seluruh Indonesia.

Rakernas ini merupakan agenda rutin tahunan organisasi yang digelar Dewan Pengurus Pusat (DPP) Himperra untuk evaluasi semua aktifitas bisnis yang telah dijalankan termasuk regulasi pemerintah terkait perumahan, dan mencari solusi untuk kemajuan bersama.

Baca juga: Tahun 2023, Pemerintah Tambah Kuota Subsidi FLPP 20.000 Rumah

Ketua Umum DPP Himperra Endang Kawidjaja menuturkan, agenda utama yang akan menjadi bahasan dalam Rakernas Himperra adalah pembiayaan rumah subsidi serta perizinan, khususnya terkait dengan turunan UU Cipta Kerja serta aturan soal peta Lahan Sawah Dilindungi (LSD).

Himperra akan memberikan sejumlah usulan positif dan konstruktif dalam bentuk sejumlah rekomendasi kepada pemerintah.

Putri Aulia Spesifikasi rumah tapak jabatan para menteri di IKN


"Misalnya dalam hal perizinan khususnya untuk pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) kami ingin tetap ada PP yang bisa mengendalikan sifat dan kekhususan (lex spesialis) rumah subsidi," ujar Endang, Senin (5/9/2022).

Himperra juga akan menyikapi berbagai hal terkait penyesuain harga rumah subsidi yang dipicu kenaikan harga bahan baku.

Demikian juga soal keluhan terkait peta LSD yang telah ditetapkan pemerintah dan ternyata tidak sesuai dengan Rencana Tata Ruang terutama yang berada pada Kawasan Peruntukan Industri, Kawasan Permukiman Perdesaan, dan Kawasan Permukiman Perkotaan.

Hampir 3.000 Perusahaan

Ketua Panitia Penyelenggara Rakernas Ari Tri Priyono menambahkan, hingga usianya yang ke-4 tahun, Himperra telah memiliki anggota hampir 3.000 pengembang.

"Kami juga telah berkontribusi membangun lebih dari 500.000 rumah untuk MBR," ujar Ari.

Rakernas di Bali nanti juga menjadi ajang konsolidasi internal Himperra untuk menyongsong hari baru perumahan nasional pasca-pandemi.

“Saat Rakernas nanti akan dihadiri perwakilan seluruh pengurus DPD di 34 provinsi. Dihadiri tak kurang dari 300 peserta,” kata Ari.

Selain itu, Himperra juga akan melansir Sekolah Properti Himperra sebagai wujud kepedulian organisasi pada kelangsungan program perumahan nasional sekaligus sebagai ajang pembekalan dan pendidikan buat para pengembang di masa depan.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com