Nikmati Keindahan Panorama Jalur Pansela Jawa Barat Lewat Cycling de Jabar

Kompas.com - 17/08/2022, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bersama Kompas Gramedia Group menggelar perlombaan balap sepeda bertajuk Cycling de Jabar 2022.

Dengan rute sepanjang 320 kilometer, Cycling de Jabar 2022 akan berlangsung dari Sabtu (27/8/2022)-Minggu (28/8/2022).

Titik start Cycling de Jabar 2022 ada di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi dengan titik finish di Pantai Barat Pangandaran.

Berdasarkan data dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, kedua titik tersebut merupakan tempat wisata yang dilewati Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jabar.

Adapun Jalur Pansela Jabar telah disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai jalur alternatif mudik tahun 2022, selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Baca juga: Agar Jalur Pansela Jawa Diminati Pengendara, Jokowi Instruksikan Ini

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian menyampaikan, kondisi Pansela Jabar relatif baik. Kemantapannya per 27 April 2022 sudah di angka 94,89 persen.

Selain kondisi jalannya yang sudah bagus, pemudik bisa sekaligus menikmati pemandangan di sepanjang Pansela Jabar.

"Banyaknya tempat wisata ini memungkinkan para pemudik untuk bisa istirahat kapanpun. Selain itu, lintas ini memiliki kemungkinan untuk tidak macet karena belum banyak yang tahu," terang Wilan.

Dari sisi barat ada Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Pantai Ujung Genteng, Pantai Apra, Karang Potong, dan Pantai Jayanti.

Tak hanya pantai, ada juga Puncak Habibie di Sukabumi dan Geopark Ciletuh yang menjadi titik start Cycling de Jabar 2022.

Baca juga: 340,72 Kilometer Rampung, Jalur Pansela Siap Jadi Akses Wisata Lebaran

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.