Hingga 2 Bulan ke Depan, Berlaku Rekayasa Lalin di Harmoni-Mangga Besar

Kompas.com - 17/08/2022, 12:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Harmoni-Mangga Besar akan mendapatkan Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Tahap 1.1 selama 2 bulan atau mulai Kamis (18/8/2022)-Jumat (14/10/2022).

Hal ini dilakukan guna mendukung kelancaran pekerjaan konstruksi MRT Jakarta Fase 2A CP 202 Harmoni-Mangga Besar yang sudah resmi dimulai sejak akhir Juli 2022.

Rekayasa yang dimaksud meliputi pengurangan lajur lalu lintas mulai Simpang Harmoni-Jalan KH. Hasyim Ashari menjadi 2 lajur reguler dan 2 lajur Transjakarta.

Kemudian dari Jalan KH. Hasyim Ashari-Simpang Mangga Besar lalu lintas menjadi 3 lajur mix traffic.

Rekayasa lalu lintas juga dilakukan untuk mendukung tahap awal pekerjaan lewat beberapa persiapan konstruksi seperti pembongkaran fasilitas umum, penebangan pohon, test pit dan relokasi utilitas, serta test pit arkeologi.

Baca juga: Stasiun MRT Thamrin dan Monas Tersambung, Progres 41,84 Persen

Untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan bersama, MRT Jakarta dan Shimizu Adhi Karya Joint Venture (SAJV) selaku kontraktor pelaksana akan memasang rambu lalu lintas, marka jalan dan lampu penerangan jalan umum.

Adapun sebelumnya, kontrak pelaksanaan konstruksi CP 202 telah ditandatangani pada Senin (18/7/2022) dengan Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) kepada SAJV diterbitkan pada Rabu (27/7/2022).

Ruang lingkup pekerjaan konstruksi MRT Fase 2A CP 202 meliputi pembangunan 3 stasiun bawah tanah.

Pertama, Stasiun Harmoni sepanjang 252 meter dengan kedalaman sekitar 16 meter. Kedua, Stasiun Sawah Besar sepanjang 200 meter dan sedalam sekitar 27 meter.

Ketiga adalah Stasiun Mangga Besar sepanjang 220 meter sedalam sekitar 27 meter. Selain itu, juga akan dilakukan pembangunan terowongan bawah tanah sepanjang 1,8 kilometer dari Harmoni-Mangga Besar.

Baca juga: Bank Investasi Eropa Siapkan Rp 15 Triliun untuk Indonesia, Mencakup Proyek MRT Jakarta

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.