Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nikmati Keindahan Panorama Jalur Pansela Jawa Barat Lewat Cycling de Jabar

Dengan rute sepanjang 320 kilometer, Cycling de Jabar 2022 akan berlangsung dari Sabtu (27/8/2022)-Minggu (28/8/2022).

Titik start Cycling de Jabar 2022 ada di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi dengan titik finish di Pantai Barat Pangandaran.

Berdasarkan data dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat, kedua titik tersebut merupakan tempat wisata yang dilewati Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansela) Jabar.

Adapun Jalur Pansela Jabar telah disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sebagai jalur alternatif mudik tahun 2022, selain Lintas Pantai Utara (Pantura) dan Lintas Tengah Pulau Jawa.

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian menyampaikan, kondisi Pansela Jabar relatif baik. Kemantapannya per 27 April 2022 sudah di angka 94,89 persen.

Selain kondisi jalannya yang sudah bagus, pemudik bisa sekaligus menikmati pemandangan di sepanjang Pansela Jabar.

"Banyaknya tempat wisata ini memungkinkan para pemudik untuk bisa istirahat kapanpun. Selain itu, lintas ini memiliki kemungkinan untuk tidak macet karena belum banyak yang tahu," terang Wilan.

Dari sisi barat ada Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Pantai Ujung Genteng, Pantai Apra, Karang Potong, dan Pantai Jayanti.

Tak hanya pantai, ada juga Puncak Habibie di Sukabumi dan Geopark Ciletuh yang menjadi titik start Cycling de Jabar 2022.

Dari arah timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah (Jateng), pemudik akan disambut oleh Pantai Pangandaran, Pantai Batu Karas, hingga Green Canyon.

Menurut laporan Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com tahun 2018, masih banyak objek wisata lain yang bisa dikunjungi di sepanjang Jalur Pansela Jabar.

Ada Pantai Tegal Buleud di ruas jalan Tegal Buleud, Sukabumi. Kemudian di Kabupaten Cianjur ada Pantai Arafa di ruas jalan Sindangbarang dan Jembatan Cilaki di ruas jalan Cilaki yang merupakan jembatan penghubung antara Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Garut.

Masuk ke Kabupaten Garut, ada Pantai Rancabuaya dan Pantai Guha di ruas jalan Rancabuaya, Pantai Cijayana di ruas jalan Cijayana, Pantai Sayang Heulang di ruas jalan Cialutereun, dan Pantai Santolo di ruas jalan Sp Cialutereun.

Di Kabupaten Pangandaran ada Pantai Mandasari di ruas jalan Kalapagenep, Pantai Batu Hiu di ruas jalan Pangandaran, dan di Kabupaten Tasikmalaya terdapat Pantai Karangtawulan di sepanjang ruas jalan Cipatujah.

Untuk diketahui, saat ini panjang Jalur Pansela Jawa mencapai 1.547 kilometer dengan rincian, 417 kilometer di Jabar, 628 kilometer di Jawa Timur (Jatim), 212 kilometer di Jateng, 169 kilometer di Banten dan 120 kilometer di Yogyakarta.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/08/17/170000721/nikmati-keindahan-panorama-jalur-pansela-jawa-barat-lewat-cycling-de

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke