Kompas.com - 17/08/2022, 16:30 WIB

JAKARTA,KOMPAS.com - Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi (Engineering, Procurement, and Construction/EPC), PT Tripatra Engineers and Constructors bertekad memperkuat proses bisnis yang efektif melalui solusi digital.

Untuk mewujudkan komitmen ini, Tripatra menjalankan program transformasi digital bertajuk DigitalTripatra yang berfokus pada penanganan proses bisnis.

Melalui program ini, Tripatra ingin menjadi menjadi organisasi berbasis data (data-driven organization) melalui proses ekstraksi dan integrasi yang memaksimalkan pemanfaatan data untuk kepentingan pengambilan keputusan.

Baca juga: Kementerian ATR/BPN Bakal Bangun Digital Contact Centre

Finance and Commercial Director Tripatra Benny Joesoep menjelaskan sejak tahun 2019, sebagai bagian dari transformasi digital, Tripatra telah menggunakan teknologi untuk mempercepat proses kerja, pengambilan keputusan berbasis data, dan melakukan eksekusi ataupun monitoring pekerjaan.

Dengan skala kompleksitas serta risiko yang tinggi, sangat penting bagi Tripatra untuk memiliki sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP) yang sesuai dan andal.

Tripatra pun membekali karyawannya dengan kemampuan untuk mengadopsi dan menggunakan berbagai solusi digital dan bekerja sama secara kolaboratif dengan para mitra kerjanya, salah satunya bersama SAP.

“Sebagai organisasi besar, tentu saja Tripatra perlu menerapkan solusi yang kuat dan berkelanjutan. Ini menjadi salah satu alasan Tripatra memilih SAP sebagai ERP kami," ujar Benny dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

Benny mengakui implementasi pada tahap awal memang cukup menantang karena ada proses pembelajaran yang harus dilalui.

Setelah berjalan beberapa tahun, perusahaan mulai merasakan sejumlah manfaat, termasuk tersedianya sistem terpusat untuk operasi bisnis perusahaan.

Selain itu, SAP juga memiliki fleksibilitas untuk melakukan eksperimen untuk meningkatkan business performance, seperti menerapkan model bisnis baru untuk proses keuangan overhead agar proses operasional sebuah perusahaan menjadi lebih efektif dan hemat biaya.

Baca juga: Semen Indonesia dan BNI Kerja Sama Bangun Solusi Digital Value Chain

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.