Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Indonesia dan BNI Kerja Sama Bangun Solusi Digital Value Chain

Kompas.com - 06/04/2021, 12:30 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Untuk memberikan kemudahan kepada mitra distributor guna mendukung kelancaran distribusi semen, produk turunan semen dan material lainnya, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melakukan kerja sama solusi digital value chain.

Kedua perseroan ini berharap, solusi digital value chain dapat membantu para distributor dalam melakukan aktivitas.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) SIG Hendi Prio Santoso dan Dirut BNI Royke Tumilaar bertempat di Jakarta, Senin (05/04/2021).

Direktur Utama SIG Hendi Prio mengatakan, kondisi perekonomian yang cukup menantang pada masa pandemi Covid-19 saat ini, menuntut perusahaan mengoptimalkan modal kerja melalui pengelolaan kas dengan mempercepat cash convertion cycle, baik di sisi perusahaan maupun mitra SIG.

Baca juga: Semen Indonesia Cetak Laba Rp 2,79 Triliun

Untuk itu, kata Hendi, salah satu terobosan yang coba dilakukan adalah melalui solusi digital host to host, untuk pembiayaan distributor mitra SIG dengan tarif yang kompetitif dan solusi agunan ringan.

Dengan demikian, distributor mitra SIG akan sangat terbantu dalam menjalankan aktivitas di masa pandemi seperti sekarang.

"Keuntungan lainnya, yaitu akan diperoleh transparansi arus dokumen dan kas secara real time, proses pencairan yang lebih fleksibel, kemudahan rekonsiliasi dan administrasi dokumen tagihan, paperless dan aman," ujar Hendi.

Hendi menambahkan, potensi untuk memenuhi target penjualan domestik tahun 2021 serta rencana peluncuran produk turunan semen maupun bahan bangunan lainnya, masih cukup besar.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar menambahkan, kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara BNI dan SIG, khususnya pada segmen usaha kecil dan menengah.

BNI menyediakan skema pembiayaan distributor untuk pembelian produk semen dan building material lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh mitra SIG.

Hingga saat ini, SIG telah menggunakan produk dan layanan BNI mulai dari fasilitas kredit korporasi baik modal kerja maupun investasi, treasury line, dan trade facility bagi mitra SIG (supplier financing, bank garansi).

Selain itu juga cash management (cash pooling dan national pooling) untuk optimalisasi pendanaan SIG Grup, hingga consumer banking yang meliputi payroll, flexi, griya, credit card, DPLK dan produk layanan BNI yang lain.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com