KILAS

Peringati HUT Ke-77 RI, Menteri Basuki: Pembangunan Infrastruktur Tetap Jadi Prioritas

Kompas.com - 17/08/2022, 14:48 WIB

KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Lapangan Sapta Taruna, Kementerian PUPR, Rabu (17/8/2022).

Sebagai wujud sikap persatuan dan kesatuan serta keragaman bangsa, setiap peserta upacara mengenakan pakaian adat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang bertindak sebagai inspektur upacara mengatakan, setiap insan PUPR harus merasa bersyukur dalam peringatan HUT ke-77 RI.

“Kita harus meresapi dan memaknai peringatan ini sesuai dengan peran & profesionalisme masing-masing,” ujar Menteri Basuki, dikutip dari keterangan persnya, Rabu.

Dalam sambutannya, Menteri Basuki juga mengutarakan lima agenda besar pada 2023 yang telah disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraannya.

Baca juga: Menteri PUPR Yakin Pembangunan KIPP Tahap I di IKN Rampung Tahun 2024

Lima agenda besar itu, yakni peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), akselerasi pembangunan infrastruktur, penerapan reformasi birokrasi dan penyederhanaan regulasi, hilirisasi industri, serta pembangunan ekonomi hijau.

“Dalam menerapkan kelima agenda besar tersebut, pembangunan infrastruktur Indonesia tetap menjadi prioritas. Alokasi anggaran sebesar Rp 125,2 triliun diamanahkan untuk Kementerian PUPR,” jelas Menteri Basuki.

Tujuannya, sebut dia, tidak hanya untuk membangun infrastruktur fisik saja, tetapi juga membuka lapangan kerja serta memberikan pendapatan besar bagi masyarakat agar daya beli dan perekonomian mereka naik.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Basuki tidak lupa mengevaluasi capaian kinerja Kementerian PUPR dalam menyelenggarakan amanah sebagai penanggung jawab infrastruktur di Indonesia.

“Sepanjang 2.500 kilometer jalan tol sudah beroperasi, dan pada tahun 2022 ini tambahan 43 kilometer juga akan dioperasikan,” tuturnya.

Baca juga: Menteri PUPR: Ada Jalan Tol, Jarak Balikpapan ke IKN Hanya 30-40 Menit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.