Merayakan Hari Kemerdekaan di Bogor, Kota dengan Jargon Indah, Sejuk, dan Nyaman

Kompas.com - 17/08/2022, 15:00 WIB

Penulis: Firliana Hafiza

BOGOR, KOMPAS.com - Suasana perlombaan HUT ke-77 Republik Indonesia di pemukiman Desa Mantarena Lebak, Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, tampak ramai.

Masyarakat dari usia muda hingga tua berkumpul di sebuah lapangan, yang letaknya sangat dekat dengan Sungai Cisadane.

Desa Mantarena Lebak diapit oleh tiga aliran sungai, yaitu Sungai Cisadane, Sungai Cidepit, dan Sungai Cipakancilan.

Damba, remaja di Desa Mantarena Lebak, tengah sibuk menatap lembaran kertas yang berisi jadwal perlombaan hari kemerdekaan.

Baca juga: Rute Tol Puncak Dikhawatirkan Rusak Hutan Caringin-Cisarua

Sebagai ketua panitia dari perlombaan 17-an tahun ini, ia terlihat aktif berkoordinasi dengan teman-teman panitia lainnya.

Beberapa kali ia pun mengatur tali rafia yang telah diikat ke sela-sela kerupuk, agar posisinya pas dengan mulut anak-anak kecil yang mengikuti perlombaan.

“Kalau di lapangan, perlombaannya yang ringan-ringan aja, besok di atas tuh dekat sungai Cidepit, kita adakan lomba panjat pinang,” ujar Damba kepada Kompas.com, Rabu (17/8/2022).

Damba merupakan mahasiswa Semester 5 yang sedang cuti kuliah. Dia cukup peka dan optimistis dalam menanggapi kondisi pemukimannya yang tidak nyaman dan aman.

Ia mengatakan, pemukimannya memang sangat dekat dengan sungai. Tetapi, itu tidak menyurutkan semangatnya untuk menyambut hari kemerdekaan dengan meriah. Demikian halnya dengan aktivitas sehari-hari, selalu dijalani dengan rasa optimisme tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.