Luhut: Meski Utang Indonesia Rp 7.000 Triliun, tapi Produktif untuk Jalan Tol

Kompas.com - 08/08/2022, 19:30 WIB

BANTEN, KOMPAS.com - Meskipun Indonesia memiliki utang sebesar Rp 7.000 triliun, namun hal itu dialokasikan untuk kegiatan produktif seperti jalan tol.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko-Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam acara groundbreaking Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang di Banten, Senin (8/8/2022).

“Kalau orang bilang ada utang, betul (Rp 7.000 triliun), tapi utang produktif seperti jalan tol,” ungkap Luhut.

Luhut mencontohkan, terkait proyek jalan tol yang nantinya beroperasi dapat membayar utangnya sendiri.

Menurut dia, Indonesia merupakan salah satu negara dengan utang terkecil di dunia. Karena, hanya 40 persen sekian dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Bila dibandingkan dengan negara maju, mereka memiliki utang hingga 100 persen dari PDB.

Dia mengungkapkan, Pemerintah telah menghitung Return on Investment (ROI) atau pengembalian investasi secara akurat dalam pembangunan proyek jalan tol.

"Kalau ini dibangun (proyek tol) simpul-simpul ekonomi akan timbul dan dia akan membayar sendiri utangnya. Dan kita salah satu negara yang punya utang terkecil di dunia," ungkap Luhut. 

Baca juga: Resmi, Seksi Pamungkas Tol Serang-Panimbang Mulai Dibangun

Adapun seksi pamungkas Tol Serang-Panimbang atau Seksi 3 Cikeles-Panimbang mulai dibangun menyusul groundbreaking yang dilakukan Luhut bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Berdasarkan data teknis laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, pengerjaan jalan bebas hambatan berbayar sepanjang 83,67 kilometer ini menyisakan dua seksi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.