Soal Utang Indonesia Capai Rp 7.000 Triliun, Luhut: Itu Salah Satu Terkecil di Dunia

Kompas.com - 08/08/2022, 17:00 WIB

BANTEN, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi kabar heboh terkait utang Indonesia yang mencapai Rp 7.000 triliun.

Menurut dia, Indonesia merupakan salah satu negara dengan utang terkecil di dunia itu karena hanya 40 persen sekian dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Hal itu disampaikan Luhut dalam acara groundbreaking Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang di Banten, Senin (8/8/2022).

"Saya jelaskan lagi jangan bohongi rakyat Rp 7.000 triliun (total utang pemerintah). Kita salah satu negara punya utang terkecil di dunia, 40 persen sekian dari PDB itu di-manage dengan baik," tegas Luhut.

Luhut mengungkapkan, besaran utang tersebut digunakan untuk proyek-proyek yang bagus, salah satunya pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Cileles-Panimbang.

Menurut dia, jika tol tersebut telah beroperasi, maka utang tersebut akan terbayarkan.

Kehadiran Tol Serang-Panimbang ditambah dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung dapat mengerek pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten hingga di atas 6 persen.

Luhut menilai, pertumbuhan ekonomi Banten saat ini bagus karena sudah mencapai 5,4 persen atau melebihi angka pertumbuhan ekonomi nasional.

“Jadi, kalau tol ini selesai, saya kira mereka cepat tumbuh diatas 6 persen dalam beberapa tahun ke depan,” kata dia.

Baca juga: Kata Luhut, Tol Serang-Panimbang Bikin Ekonomi Banten Tumbuh Jadi 6 Persen

Adapun seksi pamungkas Tol Serang-Panimbang atau Seksi 3 Cikeles-Panimbang mulai dibangun menyusul groundbreaking yang dilakukan Luhut bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.