Kompas.com - 08/08/2022, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) peroleh laba bersih Rp 740 miliar pada Semester I-2022.

Melansir laman resmi KAI, Senin (8/8/2022), perolehan tersebut menunjukkan pertumbuhan laba bersih dari Semester I-2021 yang hanya mencapai Rp 480 miliar.

"KAI mulai mencatatkan hasil yang positif seiring dengan pulihnya kondisi perekonomian nasional yang salah satunya ditandai dengan pertumbuhan pasar transportasi publik, setelah dibukanya berbagai pembatasan mobilitas yang dilakukan pemerintah," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo.

Kondisi ini turut memberikan dampak positif terhadap pendapatan KAI yang menyentuh Rp 11,7 triliun atau tumbuh 58 persen dibanding semester I 2021 sebesar Rp 7,4 triliun.

Peningkatan di sisi pendapatan tersebut terjadi seiring dengan naiknya volume angkutan penumpang dan barang.

Baca juga: Promo Merdeka KAI, Kereta Jarak Jauh Mulai Rp 17.000, Cek di Sini

Untuk angkutan penumpang, volume pelanggan kereta api (KA) pada Semester I 2022 mengalami peningkatan 42 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.

Pada tahun 2022 KAI mencatat sebanyak 119,8 juta pelanggan, sedangkan tahun 2021 hanya mencapai 84,1 juta pelanggan.

Sehingga pendapatan angkutan penumpang pada Semester I 2022 tumbuh 154 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Pada tahun ini, pendapatan angkutan KAI adalah Rp 2,8 triliun, sementara pada 2021 sebesar Rp 1,1 triliun.

Dari sisi angkutan barang, volume angkutan barang pada Semester I 2022 mengalami peningkatan 15 persen menjadi 26,7 juta ton, di mana pada 2021 hanya sekitar 23,2 juta ton.

Baca juga: Perlintasan Sebidang Kembali Telan Korban, KAI Harap Pemerintah Bertindak

Untuk pendapatannya, angkutan barang mengalami pertumbuhan 27 persen dan memperoleh Rp 4,2 triliun dibandingkan tahun 2021 sebanyak Rp 3,4 triliun.

"Kedua segmen bisnis utama KAI tersebut masih memberikan kontribusi yang signifikan bagi kinerja KAI pada semester I tahun 2022," pungkas Didiek.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.