Kompas.com - 08/08/2022, 10:26 WIB

BANTEN, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko-Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melaksanakan groundbreaking  Jalan Tol Serang-Panimbang yakni Seksi 3 Cileles-Panimbang, Senin (8/8/2022).

Prosesi ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Luhut, Basuki, Pejabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, dan lain-lain.

Berdasarkan data teknis laman Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian, pengerjaan jalan bebas hambatan berbayar sepanjang 83,67 kilometer ini menyisakan dua seksi.

Baca juga: Tol Serang-Panimbang Diklaim Pangkas Waktu Tempuh Jakarta-Tanjung Lesung Jadi 3 Jam

Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 kilometer dengan progres konstruksi maupun pembebasan lahan masing-masing telah mencapai 31,20 persen dan 71,85 persen.

Sedangkan Seksi 3 Cileles-Panimbang 33 kilometer yang mencapai progres pembebasan lahan 77,90 persen dan baru saja dilaksanakan groundbreaking.

Kedua seksi yang belum tuntas ini ditargetkan dapat beroperasi pada Kuartal I tahun 2024.

“Kita mau 2024 sudah kelihatan bentuknya. Kuartal pertama (selesai),” jelas Luhut.

Sebelumnya, Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 kilometer telah beroperasi sejak 2021 lalu.

Apabila seluruh ruas tol tersambung, diharapkan dapat memperlancar konektivitas perekonomian masyarakat, baik itu sektor industri dan pariwisata di Provinsi Banten.

"Karena kalau ini selesai nanti meningkatkan perekonomian di Banten karena misal wisatawan Tanjung Lesung akan meningkat karena mereka bisa menghemat waktu ke sana, sehingga lebih banyak (pengunjung)," ujarnya ketika meninjau lokasi beberapa waktu lalu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.