Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Juli, Tingkat Hunian Hotel di The Nusa Dua Capai 65,37 Persen

Kompas.com - 08/08/2022, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengawali Semester II-2022, occupancy rate atau tingkat hunian rata-rata hotel di Kawasan The Nusa Dua, Bali, menunjukkan pertumbuhan positif.

Selama Juli, tingkat hunian rata-rata hotel di kawasan The Nusa Dua mencapai 65,37 persen, lebih tinggi dari tingkat hunian rata-rata pada Juni yaitu sebesar 60,10 persen.

Di sisi lain, juga tumbuh sebesar 700 persen jika dibandingkan dengan tingkat hunian rata-rata pada periode Juli 2021 yang tercatat hanya 8,17 persen.

Seluruh hotel yang beroperasi di The Nusa Dua mencatat tingkat hunian di atas 40 persen, dengan 10 hotel diantaranya mencapai tingkat hunian di atas 70 persen.

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, selama tiga bulan terakhir ini okupansi rata-rata hotel dapat terjaga di atas 50 persen.

"Bahkan di atas 60 persen dalam dua bulan terakhir, dengan lebih dari 50 persen hotel yang beroperasi telah mencapai tingkat hunian di atas 70 persen pada Juli ini," ujarnya dikutip dari laman resmi ITDC, Senin (08/08/2022).

Baca juga: Gandeng DKS Group, Marriot International Akan Buka Hotel Baru di Kuta

Kenaikan tingkat hunian ini diyakini sebagai indikasi dari kebangkitan pariwisata yang ditunjukkan dengan semakin meningkatnya kegiatan kepariwisataan di Bali.

Khususnya di kawasan The Nusa Dua, di mana pada bulan Juli telah menjadi tuan rumah sejumlah Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) events.

"Kami juga optimis tingkat okupansi pada Agustus akan dapat terjaga di atas 50 persen seiring dengan adanya beberapa event yang akan diselenggarakan di kawasan The Nusa Dua," tandas Ardita.

Salah satunya pada awal Agustus ini The Nusa Dua telah terpilih sebagai lokasi penyelenggaraan pertemuan 3rd Annual Meeting SPINE20 sebagai side event KTT G20.

SPINE20 merupakan pertemuan 100 dokter tulang belakang dari 30 negara serta menghadirkan pula stakeholders pariwisata.

Pertemuan ini berlangsung pada 4-5 Agustus 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Kawasan The Nusa Dua.

Selain pertemuan SPINE20 yang telah berlangsung, pada Agustus masih ada beberapa event terjadwal akan dilaksanakan di kawasan The Nusa Dua.

Di antaranya side event G20 Ministrial Conference Woman Empowerment (MCWE) serta event musik UNIVLOX yang akan berlangsung di Pulau Peninsula, The Nusa Dua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com