Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Hotel Butik

Kompas.com - 03/08/2022, 15:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com 0 Belakangan ini semakin banyak brand hotel yang menawarkan pilihan hotel baru yakni boutique hotel atau hotel butik.

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa hotel butik merupakan banguanan hotel dengan butik pakaian di dalamnya. Namun istilah hotel butik lebih merujuk kepada ukurannya. 

Seperti dikutip dari Trip Savvy, hotel butik merupakan hotel kecil yang hanya memiliki 10 hingga 100 unit kamar.

Baca juga: Simak, Aturan PPKM Terbaru Masuk Mal, Bioskop, dan Hotel Se-Indonesia

Meskipun berukuran kecil, hotel butik tetap menawarkan layanan layaknya hotel bintang lima. Ini membuat para tamu hotel akan merasa lebih nyaman tinggal.

Terkadang sebuah hotel butik bisa berlokasi di dalam sebuah hotel yang lebih besar. Namun hotel butik tersebut akan benar-benar terpisah dari hotel induk, yakni memiliki meja resepsionis, lobi, dan desain yang berbeda. 

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari hotel butik adalah memiliki pilihan warna-warna yang berani dan desain modern. 

Misalnya menggunakan material alami seperti batu alam dan bambu atau dilapisi cat dengan warna-warna terang. 

Hotel butik dapat ditemukan di mana saja mulai dari pusat kota yang ramai hingga di tepi pedesaan yang sepi. Namun di mana pun hotel ini berada, desainnya sangat lekat dengan budaya lokal setempat.

Baca juga: Hotel di Ibiza Tawarkan Gratis Menginap di Kamar Transparan

Hotel butik cenderung memiliki lebih sedikit aturan dan batasan daripada hotel yang lebih besar dan lebih konvensional. Karena itu, jenis hotel ini lebih ramah pada hewan peliharaan.

Karena popularitasnya di masyarakat, saat ini telah ada penghargaan tahunan, Boutique Hotel Awards yang diberikan kepada hotel butik terbaik di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com