Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini Agar Ruangan yang Dicat Abu-abu Tidak Terlihat Suram

Kompas.com - 08/08/2022, 10:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Karena karakternya yang netral, warna, abu-abu telah banyak digunakan sebagai dekorasi sebuah hunian termasuk sebagai warna cat.

Dinding ruangan yang dipulas cat abu-abu bisa menguatkan kesan hangat sehingga cocok digunakan di area ruang tamu atau kamar tidur.

Meskipun sejatinya abu-abu adalah warna netral yang sejuk, pemilihan jenis warna yang salah bisa membuat ruangan terlihat suram.

Baca juga: 3 Gaya Ini Cocok untuk Ruang Makan Abu-abu

Sebagian besar warna abu-abu cocok digunakan untuk area interior. Abu-abu midtone, yang berwarna seperti mutiara sangat cocok disandingkan dengan furnitur bergaya logam industri. Sementara abu-abu Dove bisa memperluas ruangan secara visual.

Perhatikan juga hasil akhir cat yang akan dipilih. Hasil akhir yang lebih mengkilap membuat warna abu-abu tampak mencolok dan dingin. Pilihlah cat matte karena bisa membuat ruangan tampak hangat.

Selain itu, Anda juga bisa memadukan warna abu-abu dengan warna lain di dalam sebuah ruangan, misalnya melalui rona aksen dan elemen dekoratif.

Kombinasi warna yang cocok dengan nuansa abu-abu adalah merah, emas, hitam, putih, krem, dan perak.

Jadi Anda tetap bisa mengkombinasikan warna lain dengan warna abu-abu agar ruangan terlihat lebih cerah dan menarik. 

Faktor lain yang harus diperhatikan dalam ruangan bercat abu-abu adalah komposisi cahaya. Anda wajib mengatur komposisi furnitur agar tidak menimbulkan bayangan yang justru membuat ruangan terlihat suram. 

Baca juga: Canggih, Rumah Ini Bisa Bergerak Mengikuti Arah Cahaya Matahari

Hilangkan bayangan potensial dengan membalut jendela dengan tirai putih tipis yang fungsi menyaring tanpa menghalangi cahaya.

Letakkanlah juga elemen seperti cermin, lampu kristal, bingkai perak, perabotan putih mengkilap, aksesori kaca bening, di dalam ruangan mengintensifkan penyerapan cahaya alami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com