Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Kilat Bersihkan Cat Dinding Kotor agar Kembali Seperti Baru

Kompas.com - 03/03/2022, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda berfikir tentang cara membersihkan cat dinding yang mulai terlihat kotor?

Apabila demikian, Anda sudah menyadari bahwa kebersihan dinding merupakan salah satu bagian dari menjaga kenyamanan rumah.

Meskipun tidak mengumpulkan kotoran dengan cara yang sama seperti lantai, dinding yang dicat akan mulai mengumpulkan debu, kotoran, dan noda dari waktu ke waktu.

Meskipun ini memang pekerjaan besar, baiknya Anda menjadwalkan untuk membersihkan cat dinding kotor setiap satu tahun sekali.

Baca juga: Untung Rugi Melapisi Dinding Rumah dengan Wallpaper

Lantas, bagaimana caranya? Berikut tips dan tahapan membersihkan cat dinding kotor sebagaimana dikutip dari ThisOldHouse.

Persiapan Pembersihan

Sebagai permulaan, bersihkan debu pada dinding untuk menghilangkan kotoran di permukaan. Anda dapat melakukannya dengan kain lap hingga penyedot debu dengan sikat yang bersih.

Untuk masuk ke sudut atau di sekitar alas tiang dan cetakan, sikat kerajinan busa sangat bagus untuk pembersihan detail.

Selain itu, letakkan kain atau terpal di atas permukaan lantai untuk melindungi tetesan air ketika Anda memulai pembersihan yang menggunakan cairan.

Gunakan Cairan Pembersih

Cairan pembersih yang digunakan tergantung pada jenis cat dinding. Lapisan akhir cat matte, flat, egg shell, ataupun adanya sedikit noda membutuhkan larutan pembersih yang sangat lembut.

Anda bisa menggunakan sabun pencuci tangan bebas pewarna atau deterjen pencuci piring yang dilarutkan dalam air hangat.

Sementara, hasil akhir cat dinding yang mengkilap membutuhkan cairan lebih kuat. Anda dapat menggunakan pembersih dengan agen degreasing. Termasuk sabun cuci piring yang kuat.

Anda juga dapat menggunakan sebagian besar pembersih serbaguna non-abrasif pada jenis cat mengkilap.

Atau membuatnya sendiri dengan mencampurkan satu sendok teh sabun cuci piring cair dan sendok teh cuka putih ke dalam satu liter air. Pembersih ini juga bekerja pada sebagian besar cat lateks.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com