Kompas.com - 02/08/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menggelar Entry Meeting Pemeriksaan Atas Kinerja dan Dengan Tujuan Tertentu (DTT).

Pemeriksaan dilakukan pada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Pertanian (Kementan) pada Semester II Tahun 2022 di Jakarta, Senin (1/8/2022).

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pihaknya mendapatkan banyak tugas khusus pada tahun 2022 ini.

Mulai dari penyiapan infrastruktur untuk mendukung Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia, infrastruktur pendukung di Mandalika, dukungan infrastruktur di Tana Mori untuk ASEAN Summit, dan renovasi Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII).

Baca juga: Terganjal 5 Temuan BPK, Kementerian PUPR Gagal Dapatkan Opini WTP

Basuki mengungkapkan, semua pekerjaan tersebut dilakukan dalam waktu mendesak dan dia meyakini pasti ada banyak hal yang kurang cermat.

"Tetapi kami berniat melakukan semua sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (2/8/2022).

Semua tugas khusus itu dilakukan berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) dan sudah dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), BPK, dan Kepolisian untuk didampingi supaya semua pekerjaan dilakukan sesuai koridor.

Oleh karena itu, Basuki menyambut baik pemeriksaan tersebut untuk peningkatan kinerja pembelanjaan uang negara yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Dia mengucapkan terima kasih kepada BPK dan pada saat Pemeriksanaan Pendahuluan Kinerja dan Dengan Tujuan Tertentu (DTT), seluruh Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian PUPR hadir langsung pada momentum itu.

"Pemeriksaan ini membantu kami agar pembelanjaan uang negara semakin baik sesuai aturan-aturan," ucapnya.

Tujuannya, pemeriksaan kinerja untuk menilai kehematan, efisiensi, dan efektivitas program atau kegiatan pemerintah. 

Sedangkan PDTT bertujuan untuk menilai kepatuhan program atau kegiatan pemerintah terhadap ketentuan dan peraturan perundang-undangan.

Pemeriksaaan pendahuluan kinerja Kementerian PUPR akan dilakukan atas pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) dan Ditjen Cipta Karya serta instansi terkait lainnya sampai Semester I TA. 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.