Hampir Rampung, Ini Kabar Terbaru Revitalisasi Jalur Pedestrian Kota Tua

Kompas.com - 02/08/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melakukan penataan kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Penataan tersebut mencakup revitalisasi jalur pedestrian untuk membuat kawasan jadi lebih ramah pejalan kaki.

Melansir unggahan akun Twitter Pemprov DKI Jakarta @DKIJakarta, Selasa (2/8/2022), saat ini progres revitalisasi pedestrian telah mencapai 93 persen.

Baca juga: Diterapkan di Stasiun Tanjung Priok hingga Kota Tua, Ini Sejarah Arsitektur Art Deco Nusantara

Revitalisasi jalur pedestrian ini ditargetkan bisa rampung pada akhir bulan Agustus 2022 mendatang.

Nantinya, trotoar akan dilengkapi dengan fasilitas street furniture, pohon teduh, taman dan air mancur.

Demi mewujudkan kawasan yang ramah difabel, juga akan tersedia guiding block untuk mempermudah penyandang tuna netra bermobilitas.

Adapun rencananya, Kota Tua akan disulap menjadi low emission zone atau kawasan rendah emisi.

Revitalisasi pedestrian Kota Tua, JakartaDok. Pemprov DKI Jakarta Revitalisasi pedestrian Kota Tua, Jakarta
Inisiasi tersebut diiringi dengan mobilitas kendaraan pribadi yang akan diminimalisir untuk menekan polusi udara.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kenari Djaja Hendra B Sjarifudin mengatakan Kota Tua Jakarta banyak dimanfaatkan sebagai museum yang menyimpan segudang informasi berharga tentang sejarah kota.

“Karena cakupannya yang luas, kawasan Kota Tua Jakarta ini memiliki beberapa objek wisata yang sangat menarik,” ujarnya dalam Seminar bertajuk Kota Tua-Pusaka Nusantara, Kamis (16/6/2022).

Baca juga: Menilik Potensi Wisata Bersejarah Kota Tua

Ketua Jurusan Arsitektur Universitas Trisakti Etty R Kridarso memprediksi, peninggalan Kota Tua Jakarta akan menjadi pariwisata daerah andalan yang mampu mendatangkan banyak kegiatan dan turis ke Indonesia.

Di sisi lain, Jakarta yang pernah menjadi pusat Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda juga banyak meninggalkan sisa kota lama dan aktivitas bersejarah.

Seperti hasil penelitian Arsitek Ririk Winandari soal peninggalan arsitektur Kastil Batavia di Jakarta Utara yang memiliki cerita cukup berpengaruh terhadap lingkungan Kota Tua Jakarta dan sekitarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.