Kompas.com - 02/08/2022, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tengah melaksanakan pembangunan Polder Kamal yang diklaim bisa mengatasi masalah banjir Jakarta.

Melansir unggahan Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta, Selasa (2/8/2022), Polder Kamal merupakan bagian dari Proyek 942 DKI Jakarta.

Proyek ini merupakan upaya pengendalian dampak musim hujan, pengamanan pantai dan pengendalian air.

Upaya tersebut dilakukan dengan membangun 9 polder, 4 waduk dan revitalisasi 2 kali atau sungai.

Kembali membahas mengenai Polder Kamal, infrastruktur ini terletak di sebagian kawasan Jakarta Utara, Jakarta Barat dan berbatasan dengan Tangerang.

Baca juga: Optimalkan Pengendalian Banjir di Jabodetabek-Punjur, 170 Kawasan Situ Dipetakan

Sistem polder adalah sarana dalam kesatuan pengelolaan tata air yang mencakup sistem drainase kawasan, kolam retensi, tanggul keliling kawasan, pompa dan pintu air.

Polder Kamal memiliki area tangkapan air seluas 1.612 hektar dengan pembangunannya meliputi pompa dan pintu air beserta kelengkapannya.

Adanya rumah pompa berkapasitas 3x10 meter kubik per detik ini ditargetkan bisa mengendalikan genangan air di Polder Kamal.

Adapun pembangunan polder di wilayah Kamal dilakukan karena kawasan tersebut sangat rentan banjir.

Banjir di Kamal biasanya terjadi saat curah hujan tinggi yang didukung adanya pasang air laut, tidak terkendalinya pemanfaatan tata ruang dan pengaruh land subsidence.

Baca juga: Atasi Banjir, Bobby Nasution Jadikan Danau Martubung Kolam Resapan

Proyek 942 yang dimulai pada 3 November 2021 ini ditargetkan dapat selesai seluruhnya pada 15 Desember 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.