Kompas.com - 02/08/2022, 11:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 107 Kantor Pertanahan (Kantah) menjalankan program Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (PELATARAN), salah satunya Kantah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto mengatakan hal ini sebagaimana dilansir dalam laman Kementerian ATR/BPN, Selasa (2/8/2022).

"Ada sebanyak 107 Kantah yang akan menjalankan program ini, di antaranya yang saat ini saya kunjungi Kantah Kabupaten Sleman dan Bantul," jelasnya.

PELATARAN merupakan loket prioritas pelayanan untuk masyarakat yang telah diluncurkan pada momentum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian ATR/BPN Tahun 2022, Selasa (26/7/2022).

Program ini dibuka pada weekend (akhir pekan) Sabtu-Minggu, mulai pukul 08.00 WIB-12.00 WIB waktu setempat.

Baca juga: Hadi Tjahjanto Minta Ada Kantah Jadi Percontohan Implementasi Sertifikat Elektronik

PELATARAN dibuka bagi Kantah yang memiliki rata-rata jumlah layanan diatas 2.000 berkas per bulan.

Dibukanya pelayanan akhir pekan dinilai sangat diperlukan mengingat Kementerian ATR/BPN harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

"Saya imbau kepada masyarakat untuk mengurus sendiri tanahnya, jangan ragu tidak dilayani," tambah Hadi.

Selain meninjau layanan akhir pekan, Hadi juga melakukan dialog dengan para pemohon serta menyaksikan secara langsung penyerahan produk layanan prioritas kepada pemohon yang datang.

"Bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu dalam mengajukan pelayanan pertanahan sesuai jam kerja Kantah, maka juga dibuka pada akhir pekan, yakni hari Sabtu dan Minggu," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Hadi bersama Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian ATR/BPN Nanny Hadi Tjahjanto mengunjungi stan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Kantah Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.