Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telah Diuji Coba Menhub, Bandara Halim Perdana Kusuma Siap Digunakan September 2022

Kompas.com - 12/07/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma dikerjakan sejak Januari 2022 dan akan segera rampung.

Hal ini ditandai dengan kegiatan uji coba landasan pacu atau runway hasil revitalisasi Bandara Halim Perdana Kusuma yang dilakukan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Selasa (17/7/2022).

Pelaksanaan uji coba landasan pacu ini didampingi oleh Panglima Komando Operasi Udara Nasional Marsekal Madya Andyawan selaku perwakilan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KASAU) menggunakan pesawat kalibrasi King Air 350i PK-CAP.

Lewat kegiatan ini Menhub mengatakan, Bandara Halim Perdana Kusuma ditargetkan bisa digunakan untuk komersial pada September 2022 mendatang.

"Secara teknis runway Bandara Halim sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan VVIP mulai besok (13/7/2022), dan September nanti sudah bisa digunakan untuk komersial," ujar Menhub mengutip laman resmi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Arsitektur Hijau Bandara Banyuwangi Diakui Internasional

Penggunaan runway secara terbatas dimaksudkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan apabila ditemukan kekurangan yang harus diperbaiki.

"Selain runway, kami juga membangun terminal untuk tamu VVIP. Pengoperasian secara komersial akan dilakukan berbarengan dengan selesainya bangunan terminal," tambah Menhub.

Untuk diketahui, langkah revitalisasi dilakukan untuk memperbaiki fasilitas sisi darat maupun udara, dalam rangka meningkatkan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan.

Mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 9 Tahun 2022, lingkup pekerjaan revitalisasi berupa penyehatan runway dan landasan hubung (taxiway), serta peningkatan kapasitas landasan parkir (apron) pesawat udara Naratetama dan Naratama.

Pekerjaan revitalisasi juga mencakup renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangunan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandar udara, dan penataan fasilitas lain yang perlu disesuaikan akibat pekerjaan revitalisasi.

Baca juga: Menawan, Begini Tampilan Baru Bandara Halim Perdana Kusuma

Saat ini proges revitalisasi sudah mencapai 72,6 persen. Pekerjaan sisi udara meliputi runway, taxiway, dan apron ditargetkan selesai pada akhir bulan Juli 2022.

Sementara, pekerjaan sisi darat mencakup gedung terminal akan diselesaikan pada akhir Agustus 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com