Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Menang Tender Proyek Bendungan Senilai Rp 272 Miliar di NTB

Kompas.com - 03/06/2022, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Waskita Karya (Persero) Tbk memenangkan tender proyek infrastruktur untuk pekerjaan proyek remedial dan penanganan sedimentasi bendungan di Pulau Sumbawa IV, Nusa Tenggara Barat (NTB) senilai Rp 272 miliar.

Berdasarkan laporan, secara administratif proyek tersebut tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Bima dan Dompu.

Oleh karena itu, nilai kontrak baru (NKB) Waskita terus meningkat di mana pada April 2022 telah mencapai Rp 7,48 triliun atau naik 347 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Adapun kontrak kerja ini ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Operasi dan Pemeliharaan SDA IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syamsudin dan Senior Vice President (SVP) Infrastructure I Division Waskita Karya I Nyoman Agus Pastima pada Senin (23/5/2022).

SVP Corporate Secretary Waskita Novianto Ari Nugroho mengatakan, tujuan pekerjaan proyek ini adalah untuk mengoptimalisasi fungsi bendungan khususnya di Pulau Sumbawa.

Baca juga: Status Dugaan Korupsi Naik ke Penyidikan, Ini Respons Waskita Beton Precast

“Nantinya bendungan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, yang mana bendungan tersebut disamping sebagai fasilitas ketersediaan air untuk pemukiman serta pertanian saat kemarau, juga dapat mencegah terjadinya bahaya banjir terutama bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai,” ucap Novianto.

Proyek akan diselesaikan dalam waktu 450 hari kerja dengan beberapa lingkup pekerjaan, mulai dari persiapan sampai dengan perbaikan untuk memaksimalkan fungsi bendungan.

Novianto menyampaikan sampai dengan April 2022, Waskita telah membukukan NKB sebesar Rp 7,48 triliun.

Perolehan NKB tersebut bersumber dari proyek Pemerintah sebesar 34,36 persen, BUMN/D 1,84 persen, pengembangan bisnis anak usaha 7,26 persen dan swasta 56,53 persen.

Sementara berdasarkan segmentasi tipe proyek, NKB tersebut terdiri dari segmen konektifitas infrastruktur 76,59 persen, anak usaha 7,26 persen , gedung 5,90 persen, EPC 2,41 persen dan sumber daya air (SDA) 7,83 persen.

Baca juga: Waskita Karya Infrastruktur Lanjutkan Restrukturisasi, Sentuh Rp 153,51 Miliar

“Dengan implementasi strategi 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita dan dukungan Pemerintah, Perseroan optimistis target NKB tahun ini sebesar Rp 30 triliun dapat tercapai,” pungkas Novianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com