Waskita Karya Infrastruktur Lanjutkan Restrukturisasi, Sentuh Rp 153,51 Miliar

Kompas.com - 26/05/2022, 09:14 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI), anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk lanjutkan proses restrukturisasi.

Adapun hal ini merupakan wujud dari implementasi “8 Streams Penyehatan Keuangan Waskita”.

Untuk rinciannya, WKI berhasil melaksanakan restrukturisasi atas fasilitas kredit investasi dan kredit modal kerja dengan total Rp 153,51 miliar.

Hal tersebut termasuk bagian dari lanjutan proses restrukturisasi yang dilaksanakan WKI pada tahun lalu.

Sehingga dengan adanya restrukturisasi ini, WKI mendapatkan relaksasi atas pembayaran pokok serta penyesuaian suku bunga untuk periode Mei 2022 hingga Maret 2023 menjadi 5-5,5 persen per tahun.

Baca juga: Waskita Karya Revitalisasi 5 Halte Transjakarta Senilai Rp 148 Miliar

Dengan dilakukannya addendum perjanjian kredit ini, WKI dapat menghemat beban keuangan pada periode recovery serta memperbaiki kinerja keuangan yang berkelanjutan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perseroan Taufik Hendra Kusuma mengatakan pihaknya menargetkan untuk menyelesaikan proses restrukturisasi pada tahun ini.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan penyelesaian proses restrukturisasi anak usaha PT Waskita Beton Precast Tbk, sehingga dapat lebih fokus menjalankan bisnis operasional Perseroan secara group ke depannya.

Seiring dengan proses restrukturisasi yang telah dilaksanakan Perseroan sejak tahun lalu, Perseroan optimis dapat menurunkan beban bunga Perseroan hingga 15 persen YoY di akhir tahun ini.

"Hal ini sejalan dengan fokus Perseroan untuk mencapai target selama periode recovery,” jelas Taufik dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Selain itu, WKI juga akan kembali mendapatkan dukungan fiskal Pemerintah berupa penerbitan obligasi atau sukuk dengan penjaminan Pemerintah dan PMN.

Baca juga: Waskita Karya Kantongi Rp 3,28 Triliun dari Obligasi dan Sukuk

“Sejauh ini capaian kinerja masih on track sesuai tahapan recovery Waskita,” tutup Taufik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.