Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waskita Karya Infrastruktur Lanjutkan Restrukturisasi, Sentuh Rp 153,51 Miliar

Kompas.com - 26/05/2022, 09:14 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI), anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk lanjutkan proses restrukturisasi.

Adapun hal ini merupakan wujud dari implementasi “8 Streams Penyehatan Keuangan Waskita”.

Untuk rinciannya, WKI berhasil melaksanakan restrukturisasi atas fasilitas kredit investasi dan kredit modal kerja dengan total Rp 153,51 miliar.

Hal tersebut termasuk bagian dari lanjutan proses restrukturisasi yang dilaksanakan WKI pada tahun lalu.

Sehingga dengan adanya restrukturisasi ini, WKI mendapatkan relaksasi atas pembayaran pokok serta penyesuaian suku bunga untuk periode Mei 2022 hingga Maret 2023 menjadi 5-5,5 persen per tahun.

Baca juga: Waskita Karya Revitalisasi 5 Halte Transjakarta Senilai Rp 148 Miliar

Dengan dilakukannya addendum perjanjian kredit ini, WKI dapat menghemat beban keuangan pada periode recovery serta memperbaiki kinerja keuangan yang berkelanjutan.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perseroan Taufik Hendra Kusuma mengatakan pihaknya menargetkan untuk menyelesaikan proses restrukturisasi pada tahun ini.

Salah satu langkah yang diambil adalah dengan penyelesaian proses restrukturisasi anak usaha PT Waskita Beton Precast Tbk, sehingga dapat lebih fokus menjalankan bisnis operasional Perseroan secara group ke depannya.

Seiring dengan proses restrukturisasi yang telah dilaksanakan Perseroan sejak tahun lalu, Perseroan optimis dapat menurunkan beban bunga Perseroan hingga 15 persen YoY di akhir tahun ini.

"Hal ini sejalan dengan fokus Perseroan untuk mencapai target selama periode recovery,” jelas Taufik dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

Selain itu, WKI juga akan kembali mendapatkan dukungan fiskal Pemerintah berupa penerbitan obligasi atau sukuk dengan penjaminan Pemerintah dan PMN.

Baca juga: Waskita Karya Kantongi Rp 3,28 Triliun dari Obligasi dan Sukuk

“Sejauh ini capaian kinerja masih on track sesuai tahapan recovery Waskita,” tutup Taufik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com