Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalin Tol Waskita Naik 20 Persen Dibanding Sebelum Pandemi

Kompas.com - 02/05/2022, 14:55 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

MADIUN, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk mencatat kenaikan volume kendaraan mudik Lebaran tahun 2022 di beberapa ruas jalan tol yang mereka kelola. 

Volume kenaikan kendaraaan bakan 20 persen lebih tinggi bila dibandingkan kondisi masa sebelum terjadinya pandemi Covid-19 atau pada tahun 2019.

Berdasarkan laporan yang diterima Kompas.com, sejak H-10 hingga H-2 Lebaran  atau Jumat (22/4/2022) hingga Jumat (29/4/2022), sebanyak 564.886 kendaraan yang melintas di ruas tol Kanci-Pejagan.

Sedangkan 405.017 kendaraan tercatat melintas di ruas tol Pejagan-Pemalang dan 389.222 di ruas tol Pemalang-Batang.

Sementara itu, di ruas tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Kapal Betung) yang merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans -Sumatera, pada periode mudik Lebaran tahun ini ada 119.299 kendaraan yang melintas 

Baca juga: Bahu Jalan dan Rest Area Jadi Fokus Evaluasi Mudik via Tol Trans-Jawa

Terkait hal ini, Direktur Utama Waskita Toll Road Septiawan Andri Purwanto menyampaikan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memastikan kelancaran arus mudik.

Beberapa langkah yang diambil, seperti pelaksanaan contraflow dan mengatur jumlah kendaraan yang berada di dalam rest area hingga menyediakan sarana toilet tambahan agar tidak terjadi antrean yang panjang.

“Dari pantauan kami, seluruh rest area yang ada di ruas tol tidak ada yang menyebabkan kemacetan ruas tol,” jelas Septiawan.

Selain itu, Waskita juga telah menyediakan layanan isi ulang saldo dan penjualan kartu tol elektronik.

Waskita turut menyiagakan lajur tambahan serta lajur khusus bagi pengguna jalan yang kurang saldo, beserta petugas keliling yang akan mengoperasikan mobile reader untuk memungut tarif dan mengecek kecukupan saldo.

Sedangkan untuk mencegah kepadatan lalu lintas, BUJT telah menambah rambu-rambu lalu lintas serta rubber cone untuk pelaksanaan contraflow.

Baca juga: Diakui atau Tidak, Mudik Lewat Tol Trans-Jawa Tahun Ini Lebih Lancar

Armada patroli jalan tol, kendaraan derek, ambulans, serta kendaraan rescue juga telah siap untuk bertugas selama 24 jam.

Lebih lanjut, untuk mempermudah akses informasi seputar ruas tol selama mudik, Waskita telah menyiapkan aplikasi WTR Go yang dapat diunduh oleh pengguna jalan dan tersedia pada Playstore Android.

Untuk diketahui, aplikasi WTR Go menyediakan informasi mengenai lokasi rest area, info layanan tol, pantauan CCTV ruas tol dan rest area, serta informasi lain seputar ruas tol.

Kembali membahas mengenai pelayanan rest area untuk pengguna jalan, telah dilakukan penambahan petugas kebersihan dan keamanan, serta pengetatan keamanan dan manajemen pengelolaan antrian.

Pada beberapa rest area juga telah disediakan penambahan jumlah toilet dan unit Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU).

Berikut beberapa rest area yang tersedia di ruas tol Waskita:

  • Rest Area KM 228 A dan 229 B di ruas tol Kanci–Pejagan.
  • Rest Area KM 252 A, 275 A, 287 A, 294 B, 282 B, dan 260 B pada ruas tol Pejagan–Pemalang.
  • Rest Area KM 338 A dan 319 B pada ruas tol Pemalang–Batang.
  • Rest Area KM 360 B pada ruas tol Kayu Agung–Palembang–Betung.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com