Kompas.com - 02/06/2022, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenhub bersama Pemerintah Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) sepakat untuk mengembangkan kapasitas Pelabuhan Patimban, Jawa Barat.

Melalui penandatanganan dalam Minutes of Meetings on the Japanese Technical Cooperation for the Project for Capacity Development on Port Management Organization in Indonesia pada Kamis (02/06/2022).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Hubla) Kemenhub, Arif Toha mengatakan, proyek ini bertujuan meningkatkan kemampuan Pelabuhan Patimban dalam mengikuti pertumbuhan volume logistik yang signifikan di masa mendatang.

Baca juga: Kapasitas Pelabuhan Patimban Digenjot Bakal Setara Tanjung Priok

"Pada program kerjasama ini, KSOP Patimban ditunjuk sebagai rekanan JICA pada proyek ini dan akan bertanggung jawab memastikan proyek kerjasama dapat berjalan dengan lancar dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya," jelasnya dikutip dari situs resmi Ditjen Hubla Kemenhub.

Proyek ini dilaksanakan dalam kerangka Colombo Plan Technical Cooperation Scheme antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia.

Serta, merupakan salah satu dari kegiatan yang didanai melalui Hibah Pemerintah Jepang pada Tahun Anggaran 2022.

Menurut Arif, proyek ini mencakup kerja sama teknis di berbagai bidang, antara lain manajemen pelabuhan, keselamatan navigasi kapal.

Lalu pemeliharaan fasilitas Pelabuhan, termasuk kanal dan cekungan, pengembangan back-up area, serta pendidikan dan pelatihan terkait bidang tersebut.

Baca juga: Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban Resmi Dikelola Jepang

Pelaksanaan proyek kerja sama ini selama 36 bulan, di mana Kepala KSOP Patimban akan bertindak selaku Project Manager.

"Sedangkan experts dari JICA akan memberikan panduan teknis, saran dan rekomendasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan proyek tersebut," tukasnya.

Untuk memfasilitasi koordinasi antara organisasi yang terkait dalam pengimplementasian proyek ini, akan dibentuk Komite Koordinasi bersama yang disebut dengan JCC.

Anggotanya dari Kementerian/Lembaga atau stakeholder terkait, baik dari pihak Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Jepang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.