Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

Kompas.com - 30/05/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecelakaan lalu lintas adalah hal yang tidak diinginkan oleh semua pengguna jalan.

Sangat disayangkan, tragedi ini bisa saja terjadi karena faktor diri sendiri maupun sesama pengguna jalan lain ketika sedang berkendara.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno menyebutkan, ada beberapa faktor penyebab kecelakaan yang perlu diketahui dan diwaspadai.

Pertama, pengemudi yang tidak mampu mengendalikan kendaraannya karena masalah teknis di sistem kendaraan.

Ini sebabnya, kondisi kendaraan harus selalui diperhatikan dan mendapatkan perawatan dengan benar untuk meminimalisir masalah ketika sedang digunakan.

Baca juga: Ironi Ruang Istirahat Supir Bus Pariwisata yang Terpinggirkan

Faktor penyebab kecelakaan ini juga mencakup pengemudi yang tidak bisa beradaptasi dengan teknologi kendaraan hingga penurunan konsentrasi akibat kelelahan.

Menurut hasil investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), sekitar 80 persen faktor penyebab kecelakaan dipicu oleh kelelahan pengemudi yang menyebabkan terjadinya penurunan kewaspadaan.

"Hasil investigasi KNKT di beberapa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus umum, salah satu penyebabnya kurang waktu istirahat pengemudi," ujar Djoko dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Kedua, pengemudi tidak mampu memahami gerakan pengguna jalan lain. Ini bisa disebabkan karena salah persepsi, kecerobohan, pelanggaran lalu lintas sampai dengan kelelahan.

Ketiga, pengemudi tidak mampu memahami kondisi jalan dan lingkungannya yang disebabkan jalan yang tidak sesuai standar pembangunan.

Baca juga: Highway Hypnosis Berisiko Menyebabkan Kecelakaan, Ini Cara Menghindarinya

Selain itu, jalan yang kurang informatif seperti tanpa marka dan minim rambu juga bisa menjadi faktor pemicu kecelakaan.

Oleh karena itu, Djoko memaparkan terdapat 4 kegiatan yang tercakup dalam situasional awarness sebagai salah satu solusi dari permasalahan.

"Yaitu persepsi atau mengamati, memahami secara komprehensif, memproyeksikan apa yang terjadi ke depan, dan mengambil tindakan yang diperlukan," tambah Djoko.

Adapun hal lain yang harus selalu dilakukan adalah mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan agar tetap prima serta siaga selama berada di jalan.

Sehingga harapannya, dengan persiapan yang matang, baik sebelum maupun sesudah berkendara, jumlah kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com