Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Pertama, Impian dan Tantangan Generasi Muda di Asia Tenggara

Kompas.com - 30/05/2022, 13:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah pertama adalah impian sekaligus tantangan bagi kalangan muda di Asia Tenggara, terutama Generasi Z dan Generasi Milenial.

Generasi Milenial dinilai memerlukan waktu yang lebih lama untuk memiliki rumah sendiri dibanding generasi pendahulunya yakni Generasi Y.

Mereka pun kerap menunda-nunda keputusan untuk membeli rumah sendiri sehingga seringkali dianggap tidak cukup dewasa dalam mengambil keputusan.

Generasi yang lebih muda atau Generasi Z yakni mereka yang lahir mulai dari tahun 1997 hingga seterusnya juga menghadapi masalah serupa.

Baca juga: Milenial, Ingin Punya Rumah Seharga Rp 300 Jutaan? Ini 6 Pilihannya

Dinamika kepemilikan rumah di Asia Tenggara memang cukup sulit dipahami. Asia Tenggara adalah tempat dari lebih separuh penduduknya berusia di bawah 30 tahun.

Alih-alih mencari rumah pertama, saat ini sebagian besar Generasi Milenial masih tinggal di rumah orang tua mereka.

Kepala Penelitian Knight Frank Asia-Pasifik Christine Li menuturkan, beberapa faktor sangat memengaruhi keputusan generasi milenial di Asia Tenggara dalam memiliki hunian sendiri.

“Hubungan keluarga yang erat, usia pernikahan pertama yang lebih tinggi, dan tingkat pernikahan yang lebih rendah menunjukkan bahwa populasi Milenial Asia Tenggara tidak merasakan banyak tekanan untuk menjauh dari keluarga mereka,” ujar Christine.

Hal ini jauh berbeda dengan gambaran Generasi Milenial di luar Asia Tenggara, yang sudah keluar dari rumah orang tuanya sejak berumur 17 tahun.

Selain itu, keinginan untuk berbakti pada orang tua menjadi alasan keengganan Generasi Milenial untuk keluar dari rumah orang tuanya.

Dalam survei yang dilakukan PropertyGuru, 49 persen milenial di Thailand dan 31 persen di Indonesia menyebutkan, merawat orang tua sebagai penghalang utama untuk pindah di tahun depan.

Baca juga: Milenial, Manfaatkan Momentum IPEX 2022 untuk Berburu Rumah Pertama

Namun 84 persen dari jumlah tersebut masih memiliki keinginan untuk pindah ke rumah sendiri maksimal tahun depan. 

Di Singapura, keputusan milenial untuk tidak menikah membuat sebagian besar responden (41 persen) tetap menetap di rumah orang tuanya.

Sementara itu, sebesar 42 persen Generasi Milenial di Thailand tidak berencana hengkang dari rumah orang tua mereka dalam waktu dekat.

Meskipun tampaknya seperti impian yang mudah diwujudkan, memiliki rumah pertama memiliki banyak tantangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com