Kompas.com - 27/05/2022, 05:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menyiapkan sejumlah strategi rekayasa lalu lintas (lalin) untuk mencegah kepadatan kendaraan selama libur Kenaikan Isa Al Masih, Kamis (26/5/2022) dan akhir pekan ini.

Adapun libur hari ini dimanfaatkan sejumlah masyarakat dengan mengunjungi objek wisata dan lokasi hiburan alternatif lain di wilayah Jabodetabek.

Hal tersebut juga dilakukan atas pertimbangan sebagian warga yang diperkirakan mengambil cuti pada hari jumat (27/5/2022) untuk pergi ke luar kota hingga akhir pekan berakhir.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan menjelaskan, apabila terjadi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek), maka akan diberlakukan contraflow, terutama di Km 47 sampai dengan Km 62+500.

Rekayasa ini bersifat situasional melihat kondisi lapangan atau apabila volume kendaraan di dalam tol lebih dari 3.000 unit.

Baca juga: Jasa Marga Lakukan Perbaikan Ruas Tol Palikanci Cirebon, Cek Jadwalnya

Tak hanya di Tol Japek, persiapan rekayasa lalin juga dilakukan di jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor dengan pemberlakukan one way dan ganjil genap.

“Sistem one way dan ganjil genap ini situasional, pagi hari untuk kendaraan yang naik ke Puncak dan siang hari untuk kendaraan yang turun kembali ke Jakarta,” ungkapnya, mengutip Antara.

Selain itu, anggota Polres wilayah turut disiapkan di sejumlah objek wisata dan lokasi keramaian untuk mengurai kepadatan lalin serta melakukan pengamanan.

Tak ketinggalan adalah antisipasi kejadian kontingensi, seperti bencana alam dan kecelakaan lalin.

Lanjut Brigjen Pol. Ramadhan, langkah kontingensi tersebut dilakukan dengan bantuan Tim SAR.

Baca juga: Kurangi Fatalitas Kecelakaan di Jalan Tol, Crash Cushion Wajib Anda Ketahui

“Langkah kontingensi ini dilakukan bersama-sama Tim SAR,” pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.