Arsitektur Neo-Gothic Gereja Katedral Jakarta, Seluruh Bagian Sarat Makna

Kompas.com - 26/05/2022, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Gereja Katedral Jakarta akan menyelenggarakan ibadah misa dalam rangka perayaan Kenaikan Isa Almasih dalam 3 sesi, pada Kamis (26/5/2022).

“Paroki Katedral Jakarta menyelenggarakan ibadah misa dalam tiga sesi yakni sesi pagi pukul 08.30 WIB, sesi siang pukul 11.00 WIB dan sesi sore pukul 17.00 WIB,” ujar Humas Gereja Katedral Jakarta Suyana Suwandie, mengutip Antara.

Adapun perayaan tersebut diselenggarakan secara daring dan juga luring. Kendati demikian, tidak ada prosesi, acara maupun pengamanan yang besar.

Membahas mengenai Gereja Katedral Jakarta, tahukah Anda bahwa gereja ini telah berdiri selama lebih dari 100 tahun?

Sejarah gereja ini bermula pada 1828, yaitu ketika Komisaris Jenderal Leonardus Petrus Josephus Burggraad Du Bus de Gisignies mencari tanah untuk membuat gereja.

Baca juga: Mengenal Gaya Arsitektur Baroque, Representasi Kejayaan Gereja Katolik

Sempat mengalami perbaikan, gereja kembali dibangun pada 1891 oleh Pastor Antonius Djikmans SJ yang berperan sebagai arsitek karena bangunan lama telah usang dan rubuh.

Setelah melalui segala proses pengumpulan dana dan peran arsitek yang berpindah tangan ke Marius J. Hulswit, akhirnya gereja ini diresmikan pada 21 April 1901 oleh Uskup Mgr. Edmundus Sybrandus Luypen SJ dengan nama Gereja Santa Maria Diangkat ke Surga.

Arsitektur

Umat Katolik saat memasuki Gereja Katedral di Jakarta, Kamis (1/4/2021). Sebanyak 5.590 personel gabungan dari Polri dan TNI disiapkan untuk mengamankan Perayaan Paskah 2021 pada pekan ini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Umat Katolik saat memasuki Gereja Katedral di Jakarta, Kamis (1/4/2021). Sebanyak 5.590 personel gabungan dari Polri dan TNI disiapkan untuk mengamankan Perayaan Paskah 2021 pada pekan ini.
Sesuai namanya, gereja ini memang dibangun sebagai perhormatan kepada Bunda Maria.

Berbagai simbol yang melambangkan Bunda Maria tersebar di seluruh gereja, mulai patung berbentuk figur Bunda Maria hingga bunga mawar.

Melangkah mendekati Katedral, Anda akan disambut oleh patung Bunda Maria di antara kedua pintu utama.

Baca juga: Selain Gereja, Bisakah Kaca Patri Digunakan di Rumah Pribadi?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.