Kuartal I-2022, Investasi Real Estat Asia Pasifik Melonjak 20 Persen

Kompas.com - 24/05/2022, 17:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kuartal pertama tahun 2022, pertumbuhan investasi di sektor real estat di Asia Pasifik menanjak dan tercatat mengalami kenaikan sebesar 20 persen secara tahunan.

Berdasarkan data dan analisis dari JLL Capital Tracker Q1 2022, investasi langsung di sektor properti mencapai 40,8 miliar Dolar AS (Rp 587,3 triliun) sepanjang kuartal I.

Peningkatan volume investasi ini terlihat jelas di sejumlah negara seperti Singapura, Korea Selatan, dan Australia.

Baca juga: Menerka Dampak Metaverse pada Bisnis Real Estat di Dunia Nyata

Secara sektoral, investasi di sektor ritel dan perkantoran tumbuh kuat. Sementara sektor logistik dan industri mengalami pertumbuhan moderat sebesar 3,5 persen secara tahunan.

CEO Capital Markets JLL Asia Pasifik, Stuart Crow mengungkapkan investor terus mendiversifikasi penanaman modal mereka di wilayah Asia Pasifik.

Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya investasi pada aset ritel, perkantoran, dan pertumbuhan investasi yang tinggi di Singapura, Korea Selatan, dan Australia.

“Kami optimis sektor real estat di kawasan ini mampu bertahan dari tekanan kenaikan suku bunga dan meningkatnya ketidakpastian,” ujar Crow dalam rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

JLL masih melihat persaingan yang ketat untuk sejumlah aset dan bahwa investasi langsung dapat mencapai lebih dari 200 miliar Dolar AS (Rp 2.936 triliun) di wilayah Asia Pasifik selama tahun 2022.

Real estat komersial Singapura tercatat mengalami pertumbuhan investasi tertinggi di kuartal-1, dengan kenaikan sebesar 134 persen secara tahunan (yoy) menjadi 5,7 miliar Dolar AS (Rp 83,6 triliun). Kenaikan ini didorong oleh transaksi di sektor perkantoran dan ritel.

Baca juga: Menilik 3 Tren Utama Renovasi Ruang Kantor di Asia Pasifik 2022

Sektor real estat di Korea Selatan juga menunjukan kinerja baik di kuartal-1, dengan peningkatan investasi sebesar 89 persen secara tahunan (yoy) menjadi 8,2 miliar Dolar AS (Rp 120,4 triliun).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.