Kompas.com - 24/05/2022, 17:30 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Label bintang di hotel menjadi salah satu hal yang diperhatikan ketika ingin menginap.

Adapun label bintang di hotel tak sembarangan ditentukan. Aturan pemberian label bintang hotel tertuang dalam Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.

Untuk diketahui, usaha hotel meliputi hotel bintang dan non-bintang sesuai yang tertulis dalam Pasal 1 ayat (8) dan (9).

Hotel bintang adalah hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas yang terdiri dari bintang satu, dua, tiga, empat, dan lima.

Sementara, hotel non-bintang adalah hotel yang tidak memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas atau yang bisa disebut sebagai hotel melati.

Baca juga: Lebih Baik Mana Desain Interior Hotel Ikuti Tren atau Standar?

Artinya, label bintang dan non-bintang pada suatu hotel merupakan bagian dari hasil penilaian standar usaha hotel.

Pasal 4 ayat (1) menerangkan bahwa setiap usaha hotel wajib memiliki sertifikat dan memenuhi persyaratan standar usaha hotel.

Kemudian Pasal 1 ayat (5) mejelaskan, standar usaha hotel adalah rumusan kualifikasi usaha hotel dan atau penggolongan kelas usaha hotel yang mencakup aspek produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel.

Sementara Pasal 1 ayat (14) menerangkan bahwa penilaian standar usaha hotel merupakan penilaian yang digunakan untuk melakukan penggolongan kelas hotel bintang dan penetapan hotel non-bintang berdasarkan persyaratan dasar, kriteria mutlak dan kriteria tidak mutlak.

Persyaratan ini berupa sertifikat kelaikan yang dikeluarkan oleh instansi teknis Pemerintah serta tanda daftar usaha pariwisata bidang usaha penyediaan akomodasi jenis usaha hotel.

Baca juga: Haruskah Lobi Hotel Berada di Bagian Depan? Ketahui Tren Terbarunya

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.