Anies Gencar Promosi Kepulauan Seribu buat Gaet Digital Nomad

Kompas.com - 24/05/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan gencar mempromosikan Kepulauan Seribu sebagai tempat bekerja secara daring sekaligus berwisata atau digital nomad yang kini menjadi tren di masyarakat.

"Digital nomad ini entitas baru. Ini unik, mereka bekerja tapi tidak terbatas lokasi, kami ingin mereka yang memiliki produktivitas dan mobilitas tinggi itu bisa memanfaatkan Kepulauan Seribu," kata Anies, Selasa (24/5/2022).

Dilansir dari Antara, Kepulauan Seribu menjadi salah satu dari 9.000 titik jaringan internet gratis di Jakarta.

Menurut Anies, pembangunan jaringan internet gratis dikebut ketika masyarakat harus bekerja dari rumah saat Pandemi Covid-19.

Misalnya, Pulau Bidadari di Kepualauan Seribu, sudah tersedia free wifi bidadari dan jakwifi.

Mencermati jarak tempuh dari daratan Jakarta, beberapa pulau wisata di Kepulauan Seribu bisa dijangkau sekitar 30 menit.

Biaya digital nomad di Kepulauan Seribu juga terjangkau dengan suasana yang berbeda dibandingkan waktu kerja biasanya di daratan Jakarta.

Baca juga: Merespons Program “Work From Bali”, Pengembang Siap Sambut Digital Nomad

"Intinya tidak perlu jauh-jauh, tapi akan mendapatkan suasana baru dan biaya murah, waktu singkat, biaya tinggal terjangkau. Jadi, dapat suasana baru produktivitas tinggi dengan biaya murah," sambungnya.

Adapun Kepulauan Seribu memiliki 111 pulau. Dari jumlah itu, 11 pulau di antaranya berpenduduk dan tujuh lainnya disiapkan untuk kegiatan wisata, termasuk akomodasi.

"Para nomaden ini ketika beraktivitas dengan suasana berbeda maka datanglah ke Kepulauan Seribu, di sini disiapkan fasilitas, ada 111 pulau, ada 11 pulau berpenduduk, ada tujuh pulau siap untuk kegiatan pariwisata," imbuh Anies.

Aktivitas baru seperti digital nomad marak dilakukan oleh para pekerja profesional di dunia sejak pandemi Covid-19 melanda.

Seorang digital nomad dapat bekerja secara digital atau menggunakan perangkat daring dari tempat mana pun yang mereka pilih sendiri.

Lebih dari itu, mereka juga bekerja berpindah tempat sambil melakukan gaya hidup mereka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.