Sempat Ditutup karena Longsor, Jembatan Gantung Gladak Perak Kembali Dibuka

Kompas.com - 24/05/2022, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jembatan Gantung Gladak Perak kini sudah kembali dibuka untuk akses masyarakat di dua kecamatan yaitu Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro.

Infrastruktur konektivitas ini sempat ditutup lantaran terjadi tanah longsor di titik-titik kawasan jembatan pada 11 Mei 2022.

Pada dasarnya, Jembatan Gantung Gladak Perak tidak mengalami kerusakan. Hanya, tebing di sisi Pronojiwo mengalami longsor.

"Namun, beberapa waktu lalu, salah satu tebing dari Pronojiwo mengalami sedikit longsoran tanah dan batu," ungkap Sekretaris Camat Candipuro Abdul Aziz dikutip dari Antara, Selasa (24/5/2022).

Sekarang, sisi tersebut sudah bisa dibilang stabil. Sehingga, masyarakat bisa melintas sepanjang tidak turun hujan yang mungkin dapat mengakibatkan tebing kembali longsor.

"Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu berhati-hati saat melintasi jembatan gantung Gladak Perak terutama saat hujan mengguyur di kawasan setempat," sambung Abdul.

Baca juga: Tengah Dibangun Jembatan Gladak Perak Darurat, Rampung 20 April

Abdul mengatakan, di sekitar jembatan gantung Gladak Perak memang rawan terjadi longsor saat hujan mengguyur Candipuro atau Pronojiwo.

Jadi, jika terjadi longsoran tanah atau batu di sekitarnya, maka jembatan sementara akan kembali ditutup.

Abdul mengutarakan, penutupan sementara jembatan gantung beberapa waktu lalu bertujuan menjaga dan mengantisipasi timbulnya korban.

Selama tidak ada potensi longsoran batu, maka masyarakat masih diperkenankan untuk melintasi jembatan gantung itu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.