Kapasitas Gerbong KRL Yogyakarta-Solo Naik Jadi 130 Penumpang

Kompas.com - 19/05/2022, 17:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kian menurunnya angka penularan Covid-19, membuat pengelola KRL Yogyakarta-Solo menambah kapasitas pengguna hingga 80 persen atau menjadi 130-135 penumpang per gerbong.

Hal ini sejalan dengan perubahan aturan yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022.

Meskipun sudah ada pelonggaran aturan perjalanan, VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan penerapan protokol kesehatan tetap harus dilakukan.

“Selain mengenakan masker, pengguna KRL juga diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi kepada petugas baik melalui aplikasi PeduliLindungi atau secara manual,” ujar Anne seperti dikutip dari Antara News.

Baca juga: Harga Kebutuhan Pokok Melambung, Kenaikan Tarif KRL Dikaji Ulang

Sejumlah aturan tambahan untuk meminimalisasi potensi penularan Covid-19 masih tetap diberlakukan di dalam kereta. Misalnya larangan berbicara secara langsung atau melalui telepon dan dilarang membawa anak-anak pada jam-jam padat.

KRL Yogyakarta-Solo akan dioperasikan 20 perjalanan dalam sehari saat hari kerja dan ditambah menjadi 24 perjalanan per hari saat akhir pekan.

“Di jam-jam sibuk, petugas tetap akan melakukan pengendalian jumlah penumpang yang masuk ke kereta atau melakukan penyekatan,” jelas Anne.

Sedangkan KA Lokal Prambanan Ekspress juga sudah diizinkan untuk memaksimalkan kapasitas hingga 100 persen.

Pelonggaran syarat perjalanan tidak hanya dilakukan untuk kereta komuter dan kereta api lokal tetapi juga diberlakukan untuk kereta jarak jauh.

Penumpang yang sudah divaksinasi lengkap atau sudah melakukan vaksinasi booster tidak lagi perlu menunjukkan hasil negatif tes COVID-19.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.