Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Hutan Sedunia, Semen Indonesia Serahkan 999 Bibit Pohon untuk KEE

Kompas.com - 24/03/2022, 08:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dalam rangka memperingati hari hutan sedunia yang dilaksanakan setiap 21 Maret, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menyerahkan sebanyak 999 bibit pohon kepada Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), Rabu (23/3/2022).

Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni mengatakan, pemberian bibit tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka pelestarian alam.

Khususnya restorasi di Kampung Long Duhung, yang merupakan Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Wehea-Kelay.

Sebanyak 999 bibit pohon yang diserahkan kepada YKAN, di antaranya adalah tanaman durian, rambutan, alpukat, meranti serta ulin.

Baca juga: SIG Jadikan Proper sebagai Motivasi Mewujudkan Komitmen Terhadap Lingkungan

Selanjutnya, bibit-bibit pohon tersebut akan ditanam di Kampung Long Duhung, Kecamatan Kelay, Berau, Kalimantan Timur.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan menularkan semangat yang dapat memicu dan membangun kesadaran masyarakat, akan pentingnya kelestarian hutan," ujar Vita, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (23/3/2022).

Vita menjelaskan, agenda tersebut juga sejalan dengan komitmen dari SIG, yang mengedepankan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs), dalam menjalankan operasional perusahaan.

“Bagi SIG, sustainability adalah masa depan yang harus diwujudkan sejak sekarang," kata Vita.

Adapun bibit pohon yang diserahkan merupakan hasil dari partisipasi karyawan, melalui kegiatan virtual race #MulaiBergerakDariRumah, sebagai rangkaian peringatan HUT ke-9 SIG.

Seluruh karyawan SIG berhasil mengumpulkan jarak sejauh 45.490 kilometer, yang dikonversikan menjadi sebanyak 999 donasi bibit pohon.

General Manager of Corporate Communication SIG Rori Hastomo (atas) saat menyerahkan bantuan 999 bibit pohon secara virtual kepada YKAN, Rabu (23/3/2022).Dok. SIG General Manager of Corporate Communication SIG Rori Hastomo (atas) saat menyerahkan bantuan 999 bibit pohon secara virtual kepada YKAN, Rabu (23/3/2022).
Direktur Development dan Marketing YKAN Ratih Loekito menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan oleh SIG kepada YKAN dalam pelestarian hutan, khususnya di Kampung Long Duhung, Kecamatan Kelay, Berau, Kalimantan Timur.

"Pemberian 999 bibit pohon ini sebagai upaya reforestasi, untuk mewujudkan Kampung Long Duhung menjadi desa makmur di tengah hutan yang lestari. Semoga kerja sama ini dapat bermanfaat bagi kelestarian alam, serta kehidupan masyarakat di sana," tutur Ratih.

Hutan memang memiliki peran yang sangat penting, dalam mencegah terjadinya pemanasan global.

Karena hutan berfungsi sebagai media penangkap dan penyimpan karbon dioksida (CO2) dari atmosfer dalam jangka waktu yang lama, serta merupakan salah satu upaya dalam memitigasi pemanasan global dan perubahan iklim.

Komitmen SIG

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com