Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SIG Bantu Sarana Umum dan Pendidikan Senilai Rp 725 Juta

Kompas.com - 05/10/2021, 20:00 WIB
Hamzah Arfah,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Melalui program corporate social responsibility, Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) kembali menyalurkan bantuan untuk pembangunan sarana prasarana umum dan sarana pendidikan.

Kali ini, program SIG Peduli memberikan bantuan untuk sarana prasarana umum dan sarana pendidikan yang ada di Kabupaten Klaten, Sukoharjo, Surakarta serta Grobogan, Jawa Tengah.

Dengan penyerahan bantuan dilakukan oleh General Manager of CSR SIG Edy Saraya, bertempat di Balai Desa Kalangan, Klaten, Kamis (30/9/2021) lalu.

Adapun bantuan sarana dan prasarana umum yang diberikan di antaranya, pembangunan talud jalan di Desa Jetiswetan, pengaspalan jalan di Desa Kalangan, Desa Ngering dan Desa Kebon, Kabupaten Klaten.

Baca juga: SIG Perkenalkan DynaHome, Solusi Pembangunan Rumah Massal

Sedangkan untuk bantuan sarana pendidikan, berupa pembangunan kelas untuk TPQ Miftahul Anwar di Desa Latak, Kecamatan Godong, Grobogan dan pembangunan kelas untuk Madrasah Diniyah Takmiliyah Walisongo, bantuan alat peraga, serta prasarana pendidikan untuk Roudlotul Athfal Al Hilal di Kabupaten Sukoharjo.

Selain itu, SIG juga memberikan bantuaan berupa peralatan perkantoran berupa laptop, proyektor dan juga perangkat sound system untuk Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) dan Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Kabupaten Sukoharjo dan Surakarta.

General Manager of CSR SIG Edy Saraya mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan kepedulian dan partisipasi SIG terhadap peningkatan sarana dan prasarana.

Khususnya pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang peningkatan perekonomian, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat, sesuai tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Melalui bantuan pembanguanan talud dan pengaspalan jalan, diharapkan dapat memberikan efek peningkatan ekonomi bagi warga, khususnya dalam upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19," kata Edy melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Bantuan pembangunan jalan ini dapat membuka akses perekonomian, dengan tersambungnya infrastruktur jalan antar desa, serta membuka jalan menuju lokasi industri rumah tangga milik warga.

Salah seorang warga Desa Kalangan Bambang, menyambut baik bantuan pembangunan jalan yang diberikan oleh SIG.

Bambang mengaku, adanya bantuan pengaspalan jalan dari SIG telah membuka dan memperlancar akses ke industri batu bata dan tempe  yang ada di desa tempat tinggalnya.

Bantuan pembangunan jalan ini telah memperlancar akses kegiatan warga antar desa untuk menuju tempat industri di sini.

"Bantuan ini sangat membantu UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), semoga dengan akses jalan yang lebih baik ini akan mendatangkan banyak pengunjung dan pembeli," kata Bambang.

Sementara kepala TPQ Miftahul Anwar Muhammad Maghfur mengatakan, selama ini TPQ Miftahul Anwar tidak memiliki kelas. Sehingga proses belajar bagi 75 siswa, selama ini dilaksanakan di rumah para pengurus.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya bantuan pembangunan tiga ruang kelas. Kami berharap, santri bisa lebih nyaman dalam menuntut ilmu. Serta peningkatan proses belajar mengajar, dengan adanya ruang kelas yang representatif," tutur Maghfur.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com